SBY Belum Tentukan Calon Wapres

Kendari, KP

Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilaksanakan tiap 5 tahun sekali, tak lama lagi akan dihelat. Namun, Presiden RI, Susilo Bambang Yudyohono yang disebut-sebut akan tampil lagi dalam kancah perebutan singgasana RI-1 itu, hingga saat ini belum menentukan sikap, siapa nama yang akan diusulkan untuk menjadi wakilnya di istana.

Menurut Juru bicara kepresidenan, Andi Mallarangeng, SBY sampai sekarang masih jadi presiden. Jadi belum ada yang namanya calon presiden. Calon presiden itu, kata dia, kalau sudah dicalonkan dan disahkan KPU dari partai yang disahkan oleh KPU. Sementara, Presiden SBY hingga saat ini belum dicalonkan secara resmi oleh partai dan belum pula disahkan oleh KPU.

“Karena itu sekarang beliau masih Presiden Republik Indonesia. Pada waktunya nanti setelah pemilu legislasi, akan ada pencalonan presiden dan pada saat itu akan ada pencalonan wakil presiden,” katanya, kemarin.

Ia menjelaskan, seorang presiden menjalankan tugasnya sebagai presiden sampai habis masa tugasnya. “Itulah yang dilakukan presiden, termasuk mengunjungi tempat bencana alam misalnya gempa bumi yang baru saja melanda Manokwari dan daerah di Papua Barat lainnya, seperti yang dilakukan pak presiden sekarang ini, untuk melihat bagaimana penyelenggaraan tanggap darurat dan rehabilitasi rekonstruksi di sana. Itu tugas presiden,” jelasnya.

Kalau SBY sebagai presiden telah menjalankan tugasnya dengan baik, lalu kemudian rakyat mendukung dan tetap memilihnya saat Pemilu nanti, Andi Mallarangeng mengatakan, begitulah demokrasi. Dimana, tiap orang berhak menentukan pilihannya sendiri, tanpa ada intimidasi atau paksaan dari pihak lain. (dri)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s