Pengajar Rasis Hambat Kreasi

Masih keingat dengan predikat guru sebagai orang tua kita di sekolah? Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa, teladan bagi siswa and bak pelita yang menjadi penerang dalam gulita. Orang tua yang baik, harus mampu bersikap adil sama anak-anaknya. Termasuk, nggak beda-bedain antara satu sama yang laennya.

Tapi nda’ semua guru mampu seperti itu. Seperti penuturan Alfi dan Shinta yang pernah ngadapin guru yang Rasis alias diskriminatif. Pelajar di SMKN 1 Kendari itu, tidak menyoal guru SMP-nya dari sudut diskriminasi suku, agama, dan ras. Cuman, diskriminasinya itu lebih cenderung mengarah pada perbedaan kelamin.

“Kalo yang cewek-cewek di kelas, semuanya dibaik-baiki. Masa saat ulangan ki, dengan jawaban yang sama semua teman-teman di kelas, tapi nilainya beda-beda. Kalo yang cewek bagus nilainya, kalo cowoknya malah nyaris mendekati angka merah semua,” kesal Alfi sama guru SMP-nya itu.

Pengalaman Lili soal pengajar Rasis, jauh lebih menyedihkan. Tapi itu didapatin saat ia masih duduk di bangku SMP. Salah satu pengajar di sekolahnya, suka beda-bedain anak guru dengan siswa lainnya. Kalo yang anak guru, tidak pernah dihukum, nilainya bagus, dimanja, disayang, dll. Pokoknya, bedalah dengan siswa yang lain. “Masa sama-sama ji tidak kerja PR, tapi saya dihukum. Sementara, si anaknya guru tidak. Ini kan diskriminasi dan melanggar HAM,” ujar Lili dengan nada sedikit pedoko.

Rusli, Eko, dan Yuli yang juga dari SMKN 1 Kendari cukup beruntung ketimbang dengan temannya yang laen. Selama masuk sekolah, keduanya tidak pernah ji diperhadapkan dengan pengajar Rasis. “Semua dianggap sama, baik-baik ji semua guruku dari Sabang sampe Merauke. Ehh, maksudku dari TK sampe SMK, dorang ji itu yang kasian nasibnya. He he he…!,” ujar Rusli diamini Yuli. (cr3/yen)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s