KPU Bisa Batalkan Parpol Peserta Pemilu .:. Jika Tak Setor Rekening Kampanye

Kendari, KP

Kampanye terbuka Pemilu 2009 akan dimulai 16 Maret mendatang. Namun, aturan penyetoran rekening dana kampanye masih belum diindahkan sejumlah parpol. Buktinya hingga kemarin (23/1) tercatat baru dua parpol yang menyetorkan rekening dana kampanye. Padahal, jika tidak mengikuti aturan tersebut, parpol bisa dibatalkan sebagai peserta Pemilu.

Ketua KPU Sultra, Bosman menyebutkan dua partai yang telah menyetorkan rekening dana kampanye. Dua partai itu adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hanya saja, besar saldo rekening kampanye awal dua partai tersebut, Bosman belum mau menyebutkan.

Menurut mantan anggota KPU Buton ini, penyetoran rekening kampanye parpol dibatasi paling lambat tujuh hari sebelum pelaksanaan kampanye terbuka. Jika tidak menyetor, sanksinya tidak main-main. “Keikutsertaan parpol dalam Pemilu akan dibatalkan. Artinya, suaranya tidak akan dihitung. Termasuk jika calegnya terpilih juga tidak akan diakui,” tegas Bosman.

Aturan penyetoran rekening kampanye ini, kata Bosman, juga berlaku sama bagi calon anggota DPD. Namun hingga kemarin, dari 62 calon DPD, masih beberapa calon saja yang menyetor rekening kampanyenya.

Di sisi lain Bosman mengatakan, dalam kampanye terbuka, parpol dan calon DPD tidak boleh bersamaan. Artinya, calon DPD tidak boleh mempromosikan parpol, begitu juga sebaliknya meski terdapat beberapa calon DPD asal Sultra yang berlatar belakang parpol.

Dalam jadwal KPU, kampanye terbuka Pemilu 2009 akan digelar 16 Maret hingga 5 April 2009, diikuti tiga hari masa tenang sebelum hari pemungutan suara 9 April 2009.(cr6/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s