Istri Pejabat di Kolaka Dilapor .:. Diduga Bagi-bagi Bibit Ikan

Kolaka, KP

Berbagai cara digunakan para calon anggota legislativ (Caleg) untuk meraih dukungan suara, bahkan beberapa diantaranya diduga melakukan kecurangan termasuk memanfatakan fasilitas pemerintah. Salah satunya diungkapakan salah seorang caleg PNBK Zulkarnain.

Caleg dari Dapil Kolaka I ini mengungkapkan adanya beberapa caleg yang tidak lain isteri pejabat di lingkup  Pemkab Kolaka yang “memanfaatkan” jabatan suaminya guna meminta dukungan. “Saya dapat laporan masyarakat dibeberapa desa, bahwa ada caleg yang juga istri orang nomor tiga di pemkab memanfaatkan para kades untuk mencari dukungan. Inikan jelas persaingan yang tidak sehat, dan merupakan pelanggaran,” ujar Zulkarnain, kemarin.

Tidak hanya itu salah seorang caleg yang juga isteri dari Kadis Perikanan Kolaka, dilaporkan menggunakan bantuan bibit ikan untuk dibagi-bagikan pada  masyarakat saat melakukan sosialisasi. “Kami pertanyakan kinerja Panwas dimana. Apalagi dilakukan secara terang-terangan,” tambah Zulkarnain.

Di tempat terpisah anggota Panwas Kolaka Hasnawati meminta pihak yang keberatan dan memiliki data untuk melaporkan hal tersebut pada Panwas Kecamatan (Panwasca) untuk ditindak lanjuti. “Kalau ada dugaan pelanggaran yang ditemukan masyarakat silakan lapor ke Panwascam, dan kita siap menindaklanjuti,” ujar Hasna.

Secara khusus kata Hasna Panwas Kolaka akan menginstruksikan Panwascam guna menelusuri caleg yang menggunakan fasilitas bantuan dari pemerintah untuk meraih dukungan, termasuk dugaan intervensi terhadap para Kades agar memberikan dukungan pada istrinya. (m2/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s