KTI Guru, Tolak Ukur Kualitas

Kendari, KP

Penyusunan karya tulis ilmiah (KTI) yang dijadikan sebagai salah satu kategori penilaian panitia Guruku Idolaku tahap III, mendapat respon positif dari Kepala Dinas P dan K Sultra, Drs H Samudra Wasiri MSi.  Seorang guru yang menguasai penyusunan KTI  akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, serta kemampuan menulis  akan semakin baik dan bisa diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah masing-masing.

“Jika guru sering mengikuti kegiatan yang di dalamnya  menutunt harus membuat KTI,  dengan sendirinya akan memiliki wawasan tentang konsep karya tulis ilmiah, baik karya tulis dalam bentuk makalah, artikel maupun karya tulis ilmiah populer,” terang Drs Samudra Wasiri MSi, saat dikonfirmasi, kemarin.

Melalui Guruku Idolaku yang diselenggarakan Kendari Pos,  peserta  diharapkan bisa menghasilkan KTI berkualitas dan nantinya bisa diteladani guru-guru  lainnya. Penulisan KTI sangat penting untuk menambah kredit point sehubungan dengan peningkatan meningkatkan profesi guru,” katanya.

Penulisan karya ilmiah tambahnya, sebetulnya gampang dan praktis jika dipahami cara penulisan ilmiah. Cara penulisan ilmiah itu susah karena sebagaian guru tidak memahami rahasianya.
Bagi mereka yang pernah kuliah katanya, akan sangat memahami betul teknis dan metode penulisan karya ilmiah,

karena  sudah pernah mendapatkan materi tentang itu. Sejumlah karya tulis ilmiah yang diusulkan selalu gagal diterima karena  diragukan keasliannya, tidak sesuai dengan latar belakang penulis yang memiliki tugas pokok sebagai guru di bidang pendidikan dan banyak guru yang menulis di luar bidang pendidikan, jelas ini akan ditolak.

Ditambahkan, penulisan KTI yang diusulkan tidak lengkap bukti fisik serta sistematika penulisan yang tidak sesuai dengan  pedoman. Keberhasilan guru membuat karya tulis ilmiah menunjukkan kualitas mereka. Selain  itu pengusaan teknologi informasi juga penting. Kemampuan menulis akan semakin baik, kalau kemudian didukung  pengusaan teknologi. (cr5/awl)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s