Pengembangan Kakao Sultra Rp 200 Miliar

Kendari, KP

Tahun 2009 ini,  sebanyak 30.700 hektare tanaman kakao akan diperbaiki. Rinciannya 4 ribu hektar akan diremajakan, 11.500 hektar direhabilitasi dan 15.200 hektar di intensifikasikan. Dalam program ini,  pusat melaui APBN, mendanai Rp 200 miliar. “Program ini juga didukung APBD Sultra dan masing-masing kabupaten,” ujar Kasubdin Produksi, Dinas Perkebunan Sultra, Yahya Lakebo kemarin.

Katanya, dana besaran ini akan diperuntukan perbaikan lahan kakai disejumlah sentra-sentra produksi   yakni Kolaka, Kolaka Utara, Konawe, Konsel dan Muna.

Di Sultra, program peningkatan produksi kakao tahun 2008 sudah merevitalisasi sekitar 85,72 hektar  lahan kakao. Masing – masing  berada di Kolaka 80 persen sisanya di Kolut, Konawe dan Konsel.

Pembiayaan program hanya dilakukan oleh BRI dengan kredit yang disalurkan sekitar Rp 1,9 miliar. Walaupun ada tiga bank yang sanggup memberikan fasilitas tersebut yakni selain BRI, BNI dan Bank Mandiri. Namun bank lainnya terkendala pada terbatasnya tenaga mereka di lapangan. “BRI dinilai layak karena cabangnya sampai di pedesaan,” ujarnya.

Menurutnya bank dalam memberikan  kredit revitalisasi kakao ini, memang butuh ke hati – hatian. Pasalnya  semua dana dari bank sementara pemerintah hanya mensubsidi bunga. “Itu pun tidak semua karena petani masih harus membayar bunga di bank 10 persen. Jika nanti terjadi kendala dalam pengembalian tentunya, efeknya ke bank,” jelasnya.

Yahya menambahkan produksi kakao di Sultra tahun 2007 sekitar 135 ribu ton. Untuk tahun 2008 diprediksi ada peningkatan tapi  belum begitu banyak. “Permasalahannya karena tanaman kakao kita sudah tua, sehingga produksi menurun. Harapannya dengan  upaya yang dilakukan produksi bisa meningkat lagi,” tambahnya.  (lis/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s