Petrobras Mundur .:. Cabut Dukungan dari Honda dan F1

Perjuangan tim Formula 1 (F1) Honda untuk kembali berkompetisi di musim 2009 mendapat halangan besar. Salah satu sponsor utama mereka, Petrobras, menarik partisipasinya di tim tersebut. Dengan demikian, petrobras juga mengundurkan diri dari berbagai rencana untuk menyelematkan tim itu menuju musim 2009.

Petrobras adalah salah satu tumpuan honda untuk memperjuangkan nasibnya. Petrobras juga menjadi pihak yang punya peran besar untuk memasukkan Bruno Senna ke F1 jika Honda tampil pada 2009. Namun, tak hanya akan kehilangan Senna, mundurnya Petrobras membuat Honda tak mendapatkan suntikan dana sebesar USD 10 juta.

Lebih jauh, pihak Petrobras mengatakan tak akan berpindah ke tim atau pabrikan lain. Mundur dari Honda juga berarti tak berpartisipasi di F1. Sebab, ketertarikan mereka pada F1 ada pada tantangan secara teknisyang ditawarkan oleh F1.

‘’Kehadiran Petrobras di F1 adalah dengan maksud melanjutkan perkembangan teknologi dan melakukan hal yang diperlukan untuk bekerja bersama dengan pabrikan secara dekat,’’ ungkap Claudio Thompson, Manager of Sports Sponsorship Petrobras seperti dikutip Autosport.

Thompson menambahkan, sebenarnya niat untuk mengundurkan diri dari F1 sudah muncul begitu Honda mengungkapkan tak akan mengikuti musim 2009. Sebab, seluruh tim yang dijalankan pabrikan akan mendapatkan pasokan bahan bakar. Dengan demikian, mereka akan tersisih dari kemungkinan menjadi pemasok bahan bakar.

‘’Kami tak tertarik untuk hanya menjadi sponsor komersial tanpa ada kemungkinan menggunakan dan mengembangkan produk kami,’’ tambah Thompson.

Selain mengungkapkan masa depan keterlibatannya di F1, Petrobras juga mengungkapkan pernyataan seputar respon hubungan mereka dengan Senna. Mereka menjelaskan bahwa pihaknya tak pernah mengadopsi kebijakan untuk memberikan dukungan pada pembalap.

‘’Petrobras menyangkal adanya rumor yang muncul di media tentang keterikatan Bruno Senna dengan ex-Honda berdasar dukungan kami. Perusahaan takmemiliki kontrak dengan Honda atau berbagai rencana masa depan tim pada 2009. Program Petrobras juga tak meliputi sponsor untuk pembalap secara individu,’’ bunyi pernyataan tersebut.

Meski akan kehilangan dana dari Petrobras, tim Honda dilaporkan makin dekat untuk merealisasikan partisipasinya di musim 2009. Mereka diperkirakan telah memiliki pasokan dana untuk menjalani kompetisi musim depan. Sebuah laporan dari media Inggris Daily Telegraph melalui seorang sumber dari Honda menyatakan bahwa pihak ketiga yang tak disebutkan namanya masuk ke dalam tim dan akan menanggung biaya tim.

‘’Memiliki reputasi, mampu memberikan stabilitas finansial jangka panjang, dengan image yang sudah dikenal di seluruh dunia. F1 akan baik-baik saja dengan masuknya mereka,’’ ungkap sumber tersebut menggambarkan penyokong tim Honda. (ady)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s