Usir Wasir dengan Harmonic Scalpel

ALAT yang dikenal dengan nama harmonic scalpel tidak hanya bisa dipakai dalam pembedahan ”kelas” berat. Misalnya, memisahkan tubuh bayi kembar siam dempet dada perut. Alat itu juga bisa dimanfaatkan pada operasi ringan. Antara lain, untuk khitan dan wasir.

Menurut dr Andreas Djaputra SpB, alat tersebut menggunakan gelombang ultrasonik sehingga dapat mengurangi perdarahan pada proses menangani wasir. Keuntungan lainnya, lebih presisi. Risiko terjadi cedera panas (less thermal injury) dari teknik itu juga lebih kecil. Dengan begitu, penyembuhan lebih cepat daripada operasi wasir biasa.

”Yang terpenting, bagian wasir yang diambil tak perlu dioperasi. Sebab, akan sembuh dengan sendirinya,” terang spesialis bedah umum RS Adi Husada Undaan tersebut.

Pasien pun tidak perlu merasa sangat kesakitan. Itulah yang paling disukai pasien. ”Banyak pasien yang memilih harmonic scalpel dengan pertimbangan tak mau berlama-lama sakit pascaoperasi,” ungkap Andreas.

Kerugian harmonic scalpel, lanjut dokter 47 tahun itu, biayanya relatif mahal. Namun, kata dia, biaya tersebut sepadan dengan keuntungan yang diterima pasien. ”Belum banyak rumah sakit yang memiliki alat ini. Makanya, harganya juga agak mahal,” imbuhnya. (ai/soe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s