KIM, Komunikasi Mesra Pejabat dan Warganya

Kolaka,KP

Untuk membangun sistem informasi dan komunikasi  antara masyarakat dan pemerintah, Bagian Humas dan Protokol Setkab Kolaka menginisiasi pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang rencananya akan dibentuk pada 20 Kecamatan. Program itu adalah jaringan informasi dan komunikasi masyarakat (Jarinkmas).

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Kolaka, Samsul Bahri Majid mengatakan, pembentukan KIM diharapkan bisa menjadi sentra layanan informasi bagi masyarakat, media bagi pemecahan persoalan pembangunan yang ada di wilayah masing-masing, kontrol terhadap pembangunan, sekalius media komunikasi antara masyarakat dan pemerintah daerah.

Dengan KIM kata Samsul Bahri, sistem informasi dan komunikasi antar masyarakat maupun dengan pemerintah bisa lebih efektif, terutama melalui peran media dan teknologi komunikasi. Sehingga akan terwujud pemerintahan yang lebih transparan dan bertanggungjawab. ” Contoh kecil dalam suatu desa ada masyarakat miskin yang perlu dibantu, tetapi itu terlewatkan. Maka disinilah salah satu peranan KIM yang bisa langsung menyampaikan masalah ini pada instansi terkait bahkan langsung kepada bupati melalui bantuan teknologi komunikasi saat ini,” terang Samsul.

Guna menjalankan program ini Bagian Humas  Setkab Kolaka telah menyediakan layanan SMS Center untuk menerima dan menampung aspirasi masyarakat sebelum diteruskan kepada instansi berwenang. Layanan SMS centre ini bekerja sama dengan PT Indosat. ” Jadi nantinya permasalah yang telah dibahas oleh KIM bisa disampaikan langsung melalui layanan SMS kepada instansi terkait bahkan pada bupati maupun wakil bupati Kolaka, sehingga permasalah yang timbul bisa langsung ada solusinya,”  tambah mantan Camat Kolaka ini. (m2/zer)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s