Korut Siap Bumi Hanguskan Korsel

SEOUL – Lawatan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Rodham Clinton ke Korea Selatan (Korsel) disambut ancaman perang. Hanya beberapa jam sebelum kedatangan mantan first lady AS tersebut, Korea Utara (Korut) menyatakan siap perang melawan negara tetangganya tersebut kemarin.

”Kubu pengkhianat (presiden Korsel, Red) tidak boleh lupa bahwa Tentara Rakyat Korea (Utara) sudah siap melakukan konfrontasi all-out,” kata seorang pejabat tinggi militer Korut seperti dilansir Kantor Berita KCNA kemarin (19/2). Beberapa pekan sebelumnya, Pyongyang sudah menebar ancaman senada. Pemerintahan Kim Jong-Il menyatakan siap membumihanguskan Korsel menjadi abu.

Belakangan, isu rudal Korut juga semakin santer. Konon, dalam waktu dekat, Pyongyang meluncurkan rudal balistik Taepodong-2 yang mampu membawa hulu ledak nuklir. Tidak adanya konfirmasi atau bantahan dari Korut membuat situasi Semenanjung Korea semakin panas. Apalagi, Korut malah mengisyaratkan kebenaran rumor tersebut.

Para analis menganggap aksi Korut kali ini hanyalah untuk menarik perhatian pemerintahan Presiden Barack Obama. Di bawah pemerintahan baru, Pyongyang berharap agar isolasi dunia internasional dan sejumlah sanksi yang mengancam bisa dihindari. Selain itu, Korut berharap Korsel sedikit melunak. Sebab, di bawah pemerintahan Presiden Lee Myung-bak, Korsel menjadi semakin tegas menyikapi Korut.

Sejak mulai bertolak ke Asia, Hillary sudah memberikan peringatan keras kepada Korut. Dia menegaskan bahwa rencana Pyongyang untuk meluncurkan rudal berdaya jelajah hingga Alaska sangat tidak bisa diterima. ”Tindakan itu akan sangat tidak menguntungkan bagi mereka (Korut),” ujar perempuan 61 tahun itu seperti dilansir Reuters. Dia juga menegaskan tidak segan bakal menjatuhkan sanksi terhadap Korut.(hep/ami)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s