Membangun Secara Efisien di Atas Lahan Terbatas

PERTANYAAN:

Yang Terhormat :

Bapak ALIM BAHRI, ST. IAI
(Pengasuh kolom GRIYA Kendari Pos)
Dengan Hormat,

Kami mempunyai rumah yang baru kami beli dengan luas tanah 7 m x 12 m tipe 36/84. Namun sebelum menempatinya kami masih membutuhkan beberapa ruangan lagi yang seiring dengan perkembangan aktifitas dan bertambahnya anggota keluarga. Adapun ruang yang kami perlukan adalah sebagai berikut.

  1. Ruang tamu (ruang tamu yang sudah ada digunakan sebagai ruang yang lain atau digabung dengan ruang keluarga, sehingga dibutuhkan ruang tamu yang baru)
  2. Dapur (dapur eksisting saya anggap sangat kecil, mohon bantuan Bapak apakah dibuatkan dapur baru atau dikembangkan saja dapur yang sudah ada sebelumnya)
  3. Ruang makan
  4. Kamar tidur utama dan kamar mandi di lantai atas
  5. Ruang jemur/seterika
  6. Ruang terbuka/taman di belakang rumah jika memungkinkan

Kami menginginkan renovasi tanpa mengubah banyak bangunan yang sudah ada. Karena letak rumah kami lebih tinggi 80 cm dari jalan, kami mohon dibuatkan carport yang sejajar dengan jalan, serta desain pagar dan desain fasad yang seakan-akan tak terlihat seperti bertingkat (2 lantai) dari muka jalan. Kami mohon saran dan masukan dari Bapak bagaimana bentuk desain terbaiknya. Atas sarannya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Achmad Athari

Kota Kendari

JAWABAN

Rencana penambahan ruangan untuk pengembangan rumah Bapak tidak memerlukan pembongkaran besar-besaran. Ruang-ruang yang ada tidak perlu dibongkar banyak, namun tetap ada yang harus diubah dan diperbaiki. Beberapa ruang seperti dua kamar tidur yang berdekatan tidak mengalami perubahan, begitipun kamar mandi dan wc, untuk ruang tamu hanya mengalami perubahan letak pintu dan jendela karena adanya penambahan tangga di sudut ruangan.

Salah satu keuntungan Bapak dalam memilih rumah ini adalah ketinggian lantai 80 cm dari muka jalan sehingga tidak mengalami banyak perbaikan atau perubahan ketinggian lantai atau ketinggian plafond, sehingga keadaan eksisting tetap dipertahankan bentuk aslinya.

Untuk lantai 1, ruang-ruang tidur tidak mengalami perubahan. Saya mengusulkan kamar mandi digeser ke arah depan sebesar 50 cm, dengan tujuan memperluas ruang dapur (juga untuk ruang tidur utama di atasnya). Dengan demikian, Bapak memiliki dapur sekaligus ruang makan yang cukup luas ditambah dengan letaknya yang berdekatan dengan taman sebagai ruang terbuka untuk area suplai udara dan cahaya alami, sengaja area ruang makan/dapur dengan taman tidak diberi dinding pemisah agar kesannya lebih terbuka, luas dan elegan. Hanya saja bapak harus berhati-hati untuk memilih desain taman yang cocok dengan kondisi taman dalam rumah, agar tampak bersih dan asri sebaiknya bapak memilih taman kering dengan lantai koral atau batuan alami dan dapat dipadukan dengan kolam ikan hias kecil di dekat dinding. Kemudian ruang tamu sekaligus ruang keluarga sedikit diperbesar dengan membuat dinding depan menyadi lurus; ini untuk ruangan tangga. Tangga, saya letakkan di depan agar lantai 2  nanti tidak terlalu terlihat bertingkat, karena bentuknya menjadi mezzanin dengan void ke arah ruang keluarga di bawahnya.

Untuk ruang keluarga dan ruang tamu akan lebih berkesan luas karena terdapat void dibagian atasnya, hal ini juga menguntungkan bagi pertukaran sirkulasi udara dan cahaya alami, selanjutnya bukaan ini akan menutupi kesan berlantai dua dari arah tampak depan.

Ruang tamu dan ruang keluarga serta ruang makan yang berhubungan langsung tanpa adanya dinding penyekat, disamping memberi kesan luas juga dapat digunakan sewaktu-waktu jika Bapak sekeluarga membutuhkan ruang yang cukup lapang, untuk menjaga privacy di ruang makan dan ruang keluarga sebaiknya bapak menggunakan sekat ruang berupa dinding yang dapat digeser atau dipindahkan, seperti dinding lipat, partisi atau lemari perabot yang memakai roda sehingga dapat dibuka sewaktu-waktu.

Lantai 2, sesuai permintaan Anda, terdiri dari kamar tidur utama dengan kamar mandi pribadi juga terdapat hall, hal ini dapat dijadikan ruang kerja mini, yang tentunya bapak menyesuaikan dengan pemilihan perabot yang tepat (tidak membutuhkan ruang yang banyak) atau cukup dengan menggunakan 1 set meja komputer beserta dengan perangkat-perangkatnya.

Letak kamar mandi dan wc di lantai 2 sejajar dengan kamar mandi di lantai 1, hal ini di maksudkan untuk memudahkan utilitas perpipaan sehingga menghemat biaya, dan memudahkan perawatan dan perbaikan bila terjadi kebocoran pipa. Untuk septic tank sebaiknya bapak gunakan pada area taman terbuka di bagian belakang atau taman bagian depan

Di lantai 2 juga terdapat tambahan ruang untuk mencuci dan menjemur yang saya letakkan di atas kamar-kamar tidur di lantai 1, Namun demikian, jika Bapak merasa risih atau terganggu dengan penempatan posisi tangga yang berada di ruang tamu dan ruang keluarga, maka bapak dapat menempatkan tangga titik (putar) pada area taman terbuka bagian belakang sehingga aksesibilitas servis ke lantai jemur lebih efektif karena berhubungan langsung dengan ruang-ruang servis lainnya seperti dapur dan ruang makan. Jika hal ini bapak lakukan, maka tangga bagian depan hanya diperuntukkan untuk kamar tidur utama dan ruang kerja di lantai 2 dan sifatnya privat.

Pemintaan kebutuhan ruang yang Bapak ajukan dengan kondisi bangunan eksisting yang sudah ada termasuk pola ruangnya, usulan desain saya kali tidak mengalami banyak perubahan, namun tetap diperhatikan struktur bangunan yang sudah ada. Untuk menopang beban bangunan di lantai 2, bapak akan membuat struktur baru, akan tetapi hal ini hanya dilakukan pembenahan atau pembongkaran pada titik-titik tertentu, sebaiknya dalam penentukan titik-titik tiang utama tersebut bapak menkonsultasikan langsung dengan tukang yang berpengalaman atau arsitek maupun dengan ahli struktur bangunan.

Dengan renovasi ini, Bapak masih memiliki taman depan dan belakang dan sebuah carport sesuai keinginan Bapak. Untuk mensejajarkan carport dengan muka jalan, bapak dapat mengeruk tanahnya pada bagian carport saja, sehingga dari arah carport ke main entrance (pintu utama) terdapat perbedaan level lantai sekitar 80 cm, dan teras depan dicapai dengan menggunakan tangga, hal ini akan lebih menunjukkan hunian bapak tampak lebih asri.

Dengan kondisi ini maka untuk pagar, Bapak dapat menggunaka pagar yang rendah saja atau pagar hidup dari tamanan yang beranting keras dan berdahan lebat. Tak usah menggunakan pagar yang tinggi karena akan menghalangi sebagian tampak depan bangunan Bapak.

Semoga penjelasan ini dapat menjawab permasalahan yang Baoak hadapi dan saya ucapkan selamat mencoba. terima kasih atas atensi Bapak terhadap rubrik Griya Kendari Pos.

KETERANGAN GAMBAR :

DENAH LANTAI 1
1.    Teras
2.    Ruang tamu/ruang keluarga
3.    Ruang makan
4.    Dapur
5.    Kamar mandi
6.    Ruang tidur 1
7.    Ruang tidur 2

DENAH LANTAI 2
8.    Hall
9.    Ruang tidur utama
10.  Kamar mandi pribadi
11.  Ruang jemur
12.  Ruang cuci dan setrika

.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s