Rp 50 Miliar Beasiswa Bahteramas .:. Peluncurannya Bersamaan Program GSM BI

Kendari, KP

Gubernur Sultra, Nur Alam tahun ini akan mengucurkan Rp 50 Miliar untuk dana beasiswa Bahteramas 2009. Kemarin (20/2) peluncurannya dirangkaikan dengan program Bank Indonesia (BI) Kendari, gerakan sekolah menabung (GSM) di kompleks Perumahan Dinas  BI Kendari.

Gubernur mengungkapkan, beasiswa diberikan untuk level  SD, SMP dan SMA Se-Sultra. “Saat ini sedang dilakukan pendataan dan verifikasi kepada pelajar-pelajar yang memenuhi syarat,” katanya dalam sambutannya di acara Program GSM di kompleks perumahan BI.
Selain beasiswa, dalam rangka peningkatan mutu  pendidikan dasar dan menengah di Sultra, maka tahun 2009 ini akan didirikan sekolah bertaraf Internasional. Program ini   dimulai dari tingkat SD, SMP dan SMU.  20 SMU dan SMK juga akan dibangun di seluruh Kabupaten / Kota Se-Sultra. “Saya mengajak siswa untuk belajar dan berprestasi setinggi-tingginya, karena akan diberikan beasiswa Bahteramas dan beasiswa Sahabat Gubernur,” ujarnya.

Dalam acara  yang juga dibarengi dengan Bazaar Intermediasi Perbankan itu orang nomor satu di Sultra ini mengatakan, program GSM ini mengajarkan pelajar secara dini untuk gemar menabung di bank. Dengan begitu, siswa terbiasa berinteraksi dengan pihak perbankan yang akan membentuk budaya menabung.  “Menurutnya tabungan merupakan sumber investasi dan biaya pembangunan yang sangat dibutuhkan oleh daerah,” katanya.

Tabungan juga sebagai antisipasi biaya pembangunan yang tidak terduga di masa yang akan datang serta besar kecilnya tabungan menjadi indikator kesejahteraan masyarakat.  “Semakin besar nilai dan porsi pendapatan yang ditabung, maka semakin besar pula kesejahteraan masyarakat di suatu tempat,” katanya.

Gubernur juga  mengajak pihak perbankan agar lebih kreatif, proaktif dan inovatif  untuk mengumpulkan dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Dari data  yang ada  LDR Sultra atau penyerapan kredit  tahun 2008 mencapai sekitar 8 persen di atas LDR perbankan nasional yang mencapai 68 persen. Hal ini secara umum menunjukkan bahwa fungsi intermediasi perbankan Sultra cukup baik.  Namun demikian, lanjutnya,  dibandingkan dengan pencapaian perbankan di provinsi lain se-Sulawesi yang LDR nya melebihi 100 persen, maka perbankan Sultra perlu bekerja keras lagi.

Sementara, Pemimpin Bank Indonesia (PBI) Kendari, Lawang M.Siagian menjelaskan, GSM bertujuan mengajarkan betapa pentingnya menabung di bank secara dini kepada peserta didik. “Diharapkan program GSM ini dapat berdampak positif terhadap perekonomian Sultra,” paparnya di depan para pemimpin Perbankan Sultra, SKPD se Kota Kendari serta para guru dan pelajar se-Kota Kendari.

Setelah acara pembukaan juga secara simbolis dibagikan beasiswa kepada  6 pelajar.  Kemudian gubernur dan pejabat yang hadir mengunjungi stand pameran  perbankan dan UKM serta pameran uang. (m4/lis)

One thought on “Rp 50 Miliar Beasiswa Bahteramas .:. Peluncurannya Bersamaan Program GSM BI

  1. aku mo tanya…
    gimana sih caranya mendapatkan beasiswa bahteramas tersebut….
    dan apa saja syarat2nya…..
    thanks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s