Honda Terancam Tak Laku

Tokyo,KP

Pertemuan petinggi Honda Motor Corp,  di Tokyo, Jepang, kemarin ternyata belum menghasilkan kejelasan masa depan tim Formula 1 Honda Racing. Di saat otoritas F1 mengabarkan sudah ada pembeli yang tertarik memiliki tim tersebut, pihak Honda justru menyebut belum ada pembeli yang serius.

“Beberapa pihak mengajukan penawaran, tapi tak satu pun di antara mereka yang serius,” ungkap Chief Executive Honda Takeo Fukui pada Associated Press. Pernyataan itu disampaikan Fukui bersamaan dengan pengunduran dirinya dari posisi chief executive, digantikan ahli riset Takanobu Ito.

Hingga saat ini, Honda Motor Corp masih terus berjuang mendapatkan pembeli tim yang bermaskas di Brackley, Inggris, itu setelah mengumumkan pengunduran diri pada Desember lalu. Pabrikan tersebut menyatakan akan lebih mengarahkan fokus pada bisnis intinya memproduksi dan menjual mobil. Seperti pabrikan asal Jepang lainnya, keputusan itu merupakan dampak krisis ekonomi global.

Semetara Honda dikabarkan menolak tawaran pembelian yang diberikan oleh Bos F1 Bernie Ecclestone. Dari kabar yang dilansir News of The World (NOTW), Ecclestone yang sangat berharap jumlah grid F1 tetap terisi penuh musim 2009 ternyata sempat terpanggil untuk memberikan bantuan dengan berencana membeli 65% kepemilikan tim tersebut. Namun proposal  bernilai 100 juta poundsterling (sekitar Rp 1,7 triliun) dimentahkan Nick Fry dan Ross Brawn, yang jika penawaran tersebut diterima masing-masing dapat jatah 17,5 persen.

“Lewat pembelian itu, saya berusaha membantu Honda. Seharusnya mereka menerima tawaran itu. Sebab, tawaran ini sangatlah menarik,” kata Ecclestone seperti diberitakan NOTW, dikutip dari Autosport.

“Tawaran ini sebenarnya memberikan jaminan bagi mereka. Namun mereka ternyata ingin melakukan segala sesuatunya dengan caranya sendiri. Sekarang yang bisa kita lakukan tinggallah berharap dan berdoa. Saya rasa tidak semua orang tahu apa yang tejadi pada Honda. Sekarang terserah saja bila mereka tetap bersikeras dengan pemikiran mereka,” tambah Ecclestone.

Sebelumnya, konglomerat Inggris pemilik grup Virgin Sir Richard Branson juga dikabarkan tertarik memiliki tim Honda. Namun, hal itu baru dapat terealisasi dengan syarat yang cukup mendasar, yaitu F1 siap melakukan perombakan yang besar.

Fukui sendiri mengungkapkan berbagai negosiasi pengambil alihan hak akan sulit. Meski demikian, dia mengungkapkan tak ada yang tak mungkin. (ady)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s