Kantor Lurah Dapu-Dapura Disegel Warga .:. Protes Pergantian Lurah

Kendari, KP

Pencopotan Saldy sebagai Lurah Dapu-Dapura, Kecamatan Kendari Barat oleh Wali Kota Kendari, dua hari lalu ternyata berbuah masalah. Sejumlah warga kelurahan itu melakukan protes keras. Mereka menyegel kantor Lurah Dapu-Dapura. Warga menuntut agar Saldy diaktifkan kembali di Kelurahan Dapu-Dapura.

Warga menutup pintu utama kantor Kelurahan Dapu-Dapura sekitar pukul 20.00 wita, Senin (23/2) malam lalu, atau 8 jam setelah  jabatan Saldy dicopot dan dialihtugaskan menjadi staf sekretariat Kota Kendari. Masyarakat berinisiatif mengumpulkan organisasi pemuda, tokoh agama, , LPM dan penduduk lain untuk menyegel kantor tersebut.

Mereka malah mengancam akan mempersoalkan jika La Piru, pengganti Saldy sebagai Lurah Dapu-Dapura, memaksakan kehendak bertugas di kantor tersegel itu. Usai meresmikan penyegelan, warga lalu beranjak hendak menemui Wali Kota dan meminta agar Saldy tetap dikembalikan menjabat Lurah Dapu-Dapura.

Namun, Camat Kendari, Ridwansyah T cepat ke TKP dan berusaha menenangkan warga. Diskusi antara warga dengan camat pun berlangsung guna mencari penyelesaian masalah tersebut. Ridwansyah T menjadi mediator dalam menyampaikan keinginan warga kepada Wali Kota Kendari.

Akibat penyegelan tersebut, aktivitas di kantor Kelurahan Dapu-Dapura lumpuh total. Bagian depan kantor itu disegel dengan sebuah Pampflet bertuliskan “Kantor ini Disegel” serta “Kembalikan Lurah Kami”. Pintu utama dipalang dengan balok dan seng.

Para staf kelurahan hanya bisa duduk di sebuah gerai penjualan voucher Pulsa dan Ponsel tepat di depan kantor yang tersegel itu. Warga bersikeras tidak akan membuka segel tersebut sebelum ada komitmen untuk mengaktifkan Saldy kembali.

Ketua RT 01/RW 05, H Yusuf, Tokoh Agama, H Mahmud, Tokoh Pemuda, Sulaeman, Tokoh Masyarakat, H Hamzah kompak menyuarakan satu kata yakni menginginkan lurah mereka dikembalikan. Alasannya, kinerja Saldy selama ini cukup bagus di lingkungan tersebut. Selama 3 tahun memimpin Dapur-Dapura, tidak ada cacat sedikit pun.

“Kami berharap agar pak Wali turun langsung melihat kinerjanya. Kantor ini tetap akan disegel kalau belum ada kepastian dari Wali Kota. Kami sepakat untuk tidak ada pelayanan di kantor ini,” terang H Yusuf diamini rekannya.

Camat Kendari Barat, Ridwansyah Taridala mengatakan, dirinya telah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat yang diwakili Ketua LPM, Ketua RT, ketua RW, tokoh agama, dan tokoh pemuda. “Saya sudah menyerap aspirasi mereka (masyarakat) dan segera melaporkan ke Wali Kota. Mengenai tindak lanjutnya, saya tunggu perintah Pak Wali,” terangnya.

Dalam pertemuan dengan tokoh masyarakat, Camat Kendari Barat berkesimpulan, permintaan masyarakat paling mendasar agar tidak ada pergantian lurah di Dapu-Dapura. Untuk pelayanan di Kelurahan Dapu-Dapura, Ridwan sudah memerintahkan sekretaris lurah agar tetap memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Saya sudah sampaikan juga sama masyarakat bahwa jabatan camat dan lurah hanya jabatan karir bukan politis dan disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. Pergantian dan mutasi adalah hal yang biasa dalam pemerintahan,” terangnya.

Dewan Dukung Walikota

Langkah penyegelan warga atas kantor Kelurahan Dapu-dapura, buntut dari pergantian Lurah di wilayah itu dinilai salah seorang anggota DPRD Kota Kendari, Muh Nur sebagai langkah yang keliru. Pria berkumis itu, beralasan, lurah merupakan jabatan struktural dan merupakan hak proregatif Wali Kota untuk melakukan pergantian.

“Harus dibedakan dengan jabatan Kepala Desa (Kades), yang dipilih oleh rakyat,” ungkapnya. Wali Kota melakukan pergantian, pastinya telah ada beberapa pertimbangan dari Baperjakat, terkait kinerja dan prestasi. Apalagi Lurah yang ditempatkan di Dapu-dapura, juga mempunyai pengalaman di kelurahan, karena sebelumnya menjabat Seklur Punggaloba.

La Wama, anggota DPRD lainnya menekankan jika pergantian lurah merupakan wewenang Wali Kota, sebagai pengguna. Jabatan Lurah tidak boleh disamakan dengan Kades, karena jabatan lurah tanpa batas waktu. “Jika Wali Kota merasa tal layak lagi, wewenangnya untuk melakukan pergantian,” katanya.(cr3/cr7)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s