PHTT Bombana Capai 3400 Orang

Kasipute, KP

Sebagai daerah baru, Kabupaten Bombana memang  membutuhkan banyak tenaga pamong daerah. Namun yang cukup menggelitik, jumlah Pegawai Honorer Tidak Tetap (PHTT) hampir sama dengan banyaknya PNS yang ada. “Tenaga honor di Bombana saat ini kurang lebih 3400 orang,” kata Andi Sakka Rahman, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bombana, ketika ditemui di ruangannya, kemarin. Tiga ribuan pegawai honorer itu lanjut Andi Sakka Rahman, tersebar di kantor Bupati,  22 Dinas, 22 kecamatan dan ratusan desa serta kelurahan, termasuk pada seluruh sekolah di Pemkab Bombana.

Menurut Andi Sakka Rahman, 3400 tenaga honorer itu, umumnya berijazah SMA dan strata satu atau sarjana. Sedangkan yang magister juga ada tetapi jumlahnya sedikit. Banyaknya tenaga honorer yang ada saat ini, menjadi bukti bahwa minat warga yang ingin menyandang status PNS di Pemkab Bombana masih cukup tinggi. Bahkan untuk mendapatkan status tersebut, ribuan orang itu rela antri hingga bertahun-tahun sebagai pegawai tidak tetap.

Menurut Andi Sakka Rahman jumlah PNS saat ini hanya selisih 200 dari tenaga honorer. “PNS yang ada sekarang sekitar 3200 orang,” katanya. Jumlah tersebut belum termasuk 375 orang CPNSD serta 109 orang PHTT yang dinyatakan lulus seleksi awal tahun 2009 lalu. Andi Sakka Rahman sekaligus membantah adanya perekrutan tenaga PHTT secara besar-besaran. Yang ada menurutnya adalah pendataan kembali tenaga honorer untuk di ketahui apakah mereka masih aktif atau tidak. (nur/cok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s