Ridwan Ajak Atikurahman Berpikir .:. Agar Tak Mengusir Pendulang Tradisional

Kasipute, KP

Pendulang tradisional yang sampai kini masih bertahan di lokasi tambang emas Bombana, masih punya harapan. Sebab kehadiran penambang rakyat itu, mendapat dukungan dari Wakil Presiden Yusuf Kalla. Bahkan saat berkunjung di Kendari beberapa waktu lalu, Ketua Umum DPP Partai Golkar itu melarang pengusiran apalagi menutup lokasi pertambangan dari aktifitas mereka.

“Kalau rakyat menambang dengan kurang pengetahuan, bukannya diusir tapi diajar bagaimana bisa lebih baik bukan diusir,” kata Wapres saat itu.

Dukungan keberadaan penambang tradisional untuk tetap dipertahankan menambang secara tradisional juga kembali dilontarkan Ridwan ST, Ketua DPD I Golkar Sultra. Saat berkunjung di Bombana kemarin, Bupati Muna itu mengatakan apa yang menjadi instruksi Ketua DPP Golkar tersebut harus mendapat dukungan dan apresiasi dari semua pihak termasuk pemerintah kabupaten dan provinsi yang berencana menutup tambang rakyat tanggal 17 Maret, nanti.

“Instruksi Jusuf Kalla sangat benar. Kenapa, ibarat sebuah kota terjadi kekumuhan kadang pemerintah memindahkan dan menggusur sehingga terjadi gejolak. Seharusnya jangan digusur tetapi diperbaiki sehingga rakyat merasa tenang pada negeri atau wilayahnya,” kata Ridwan. Sama halnya di tambang emas Bombana, jika pendulangnya melanggar lingkungan hidup, maka pemerintah harus mengajari agar masyarakat atau pendulang itu tidak melanggar lingkungan hidup, begitu juga dengan pelanggaran lain yang ada dalam lokasi. Jangan usir, jangan zalimi masyarakat yang menambang tetapi mereka dibina, diarahkan dan ditempatkan pada tempat-tempat yang layak untuk bisa mendapatkan pendapatan. “Tinggal pengelolaannya bagaimanan, karena menutup apalagi mengusir bukan menjadi solusi terbaik,” beber Ridwan mengutip semua isi pembicaraan Ketua Umumnya.

Ketua DPD I Golkar itu pun meminta kepada pemerintah Kabupaten Bombana untuk mempertimbangkan dengan baik rencana penutupan tambang rakyat, sehingga ada kesepahaman dengan masyarakat atau pendulang. “Saya menghimbau kepada Pemkab  Bombana dalam hal ini Bupati yang secara kebetulan lahir dari Partai Golkar untuk mempertimbangkan rencanan penutupan tambang rakyat, sehingga rakyatnya bisa bekerja dan mendapat penghasilan cukup dari tambang emas yang dianugerahkan Tuhan kepada masyarakat Bombana,” pinta Ridwan. (nur/cok)

11 thoughts on “Ridwan Ajak Atikurahman Berpikir .:. Agar Tak Mengusir Pendulang Tradisional

  1. klu bupati ngusir warga yg ndulang emas,itu sih bkan solusi,tp biar aj. klu dia mau jadi clon bupati lg jngan pilih lg

  2. hrusnya ridwan tdk usahlah banyak komentar urusan org lain mendingan urus rakyat yg dimuna jgn hanya kau kibuli dan bohongi, jd org hrus tahu diri sebelum menasehati org lain nasihatilah dulu diri sendiri n ridwan perlu melakukan kontempalasi ats kepemimpinanx dimuna agar dia paham sdh berapa bnyak gagasan yg dilahirkan memberikan kemaslahatan terhadap rakyatnya jgn sok ngajar orang lain.

  3. mas ridwan (Bupati Muna),
    Lebih baik urus daerahnya Kab.Muna….korupsi,arogansi,intimidasi,sombong,ciri khas pejabat di muna.Semua pejabat menjadi makelar proyek.Tatanan sosial budaya rusak karena bupatinya menurutkan nafsu pribadinya.
    Masyarakat menderita karena kemiskinan.. bupatinya masa bodo.
    Pemimpin harus memiliki moral yang baik,agar dapat menjadi contoh bawahannya.

  4. Ridwan (Bupati muna) kami masyakat muna menyarankan kepada bapak..
    Janganmi urus daerah lain.. Perhatikan saja daerah kita (MUNA)
    Sarangnya Korupsi, Pungli,Hampir semua kepala dinas jadi makelar proyek.

  5. Aduuh Pak Ridwan Bupatiku….Apalagi Rencanamu ? Jati Muna habis dipakai untuk senang-senang dengan artis. naik helikopter keliling dengan artis cantik.Sekarang mau emasnya lagi Bombana.

  6. Munaku,jadi kota Seribu Ojek.Prestasi luar biasa dari bupati Muna.
    Tidak ada prhatian untukl kesejahteraan Daerah.Yang penting nafsu pribadi, Sekarang mau urus lagi daerah orang, Mau jadi apa daerah munaku.Pak Bupati sudah saatnya sadar dan bertanya dalah hati : Apa yang sudah saya berikan untuk Muna? Masyarakat menderita..

  7. sebaiknya untuk menghindari pro kontra terkait pendulang tradisonal lebih baik dituangkan dalam bentuk perda biar para pendulangpun memiliki legitimasi.

  8. pak ridwan bae, lebih baik mengajak para legislator golkar yang ada di bombana tuk gunakan hak legislasinya bahas tentang eksistensi pendulang tradisional ketimbang bermanuver yang hanya akan menimbulkan banyak kontroversi dan friksi.

  9. pak Ridwan. Kayu jati muna habis …sekarang ngintip emasnya bombana.masyarakat muna kasian menderita.
    hasil hutan jati dipakai foya-foya
    DAU dikorup pejabat untuk kepentingan pribadi.
    Pikir=pikir juga mati belaa…
    apa yang bapak mau pertanggung jawabkan nanti di akhirat.

  10. wajar dong kalo rid kasi advis tuk atikurrahman.itu kan menyangkut kemaslahatan masy.kecil. kalo yang masuk perusahaan besar, yg nikmati hasilnya juga cuma org besar.

  11. Mestinya pendulang emas tradisional harus dibina dan diberi pengarahan supaya tidak merusak sungai dan hutan di kab bombana, maka dalam pemiliham pilkada di bombana nanti pilih lah pemimpin yg mengerti kemauan masyarakat dan mempunyai akses yang baik secara nasional dan internasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s