Andre Taulany .::. Dari Penyanyi Jadi Pengocok Perut

ANDRE Taulany merasakan transformasi karir di dunia hiburan yang lumayan drastis. Saat kali pertama muncul pada 1990-an dia dikenal sebagai pria berwajah mellow vokalis band romantis Stinky. Kini nama Andre justru identik dengan dunia lawak.

Setelah cukup lama ditunggu, akhirnya pria kelahiran Jakarta, 17 September 1974 ini muncul juga di Studio Guet, Kamis pekan lalu (8/4). Andre datang ke lokasi syuting acara komedi Opera Van Java (OVJ) yang tayang di Trans7 dengan santai. Hanya mengenakan kaus dan celana kain pendek serta sandal. Berada di lokasi syuting acara yang telah menaikkan namanya, seperti berada di rumah sendiri. ”Di sini memang seperti keluarga sendiri sama yang lain. Jadi santai saja,” katanya lantas tersenyum.

Andre memang terlihat sangat nyaman di tempat tersebut. Ketika dimintai wawancara, dia langsung mengiyakan. Wawancara lalu dilakukan di ruang kostum dan brifing para pemain OVJ. Andre tak sungkan meski di ruang tersebut banyak kru dan pemain yang bersiap untuk syuting. Malah saat wawancara berlangsung, Andre sempat diledek oleh partner melawaknya, Sule. ”Bohong, Mbak. Bohong. Andre itu tukang bohong. Jangan percaya,” tutur Sule. Diledek demikian Andre hanya berkomentar pendek. ”Tuh kan, lihat sendiri kan. Memang begini keadaannya,” katanya.

Di tempat itu kita bisa melihat betapa asyiknya Andre dengan profesi komedian. Padahal, kalau melihat sekitar sepuluh tahun ke belakang Andre masih menjalani karir sebagai penyanyi. Apa sebenarnya yang membuat bapak dua anak ini pindah jalur? ”Kalau ditanya seperti itu, saya hanya bisa jawab bahwa tidak ada titik balik tertentu yang membuat saya pindah profesi dari penyanyi jadi komedian. Yang jelas, ketika memproklamasikan diri menjadi sesuatu, saya akan bekerja total mengabdikan diri di bidang itu,” jawabnya serius.

Dan, yang dipilih putra pasangan Robby Haumahu dan Rasidah Hanum Hasibuan itu adalah dunia hiburan. Itu berarti Andre harus siap menjadi apa pun sesuai dengan karakter yang diinginkan produser. Walaupun ketika sudah menjadi pelawak dia diminta memainkan peran serius, Andre merasa tetap wajib mampu mewujudkannya. ”Harus totallah memberikan segala kemampuan. Ibaratnya, di mana saya berdiri di situ saya akan berbuat semaksimal mungkin,” lanjutnya.

Dilihat dari latar belakangnya yang seorang penyanyi, mungkin ada yang meragukan kemampuannya melawak. Ini mengingat tugas membuat orang lain tertawa itu tidaklah mudah. Tahap seperti itu juga dilalui bintang film dan sinetron Kiamat Sudah Dekat tersebut. ”Pada saat saya masuk jalur komedi, pasti awalnya seperti itu. Ngelawak, tapi jadinya malah garing. Tapi buat saya, apa pun itu kalau niat mendalaminya dengan serius, pasti bisa dilakukan,” jawabnya mantap. Andre semula memang bukan komedian. Tapi, karena bergaul dengan komedian yang hebat-hebat, dengan sendirinya dia terbawa alur. ”Ngisi acara komedi kan tidak hanya di OVJ. Saya pernah ngisi acara komedi yang lain. Dari situ saya bisa menyerap ilmu komedian yang lebih dulu terjun,” ucapnya.

Dia berpendapat, ketika berada di suatu lingkungan tertentu, dengan sendirinya akan terpengaruh. Pelan-pelan, suami Reinwartia Trygina (Erin) itu mulai mendalami cara berkomedi. Oh, berkomedi itu seperti itu ya, pikirnya. Sampai akhirnya dia paham. ”Bukan berarti saya bilang diri saya sudah pintar dan jago, tidak. Bagaimanapun, saya belum komedian banget. Masih nol dan harus banyak belajar. Tapi, peningkatan yang sudah saya dapatkan, pengakuan dari masyarakat, itu sudah membuat saya senang. Paling tidak pembelajaran saya ada hasilnya,” paparnya.

Tapi, Andre mengakui sosoknya pribadi memang humoris. Jadi, tak terlalu melenceng kalau sekarang jadi pengocok perut. Dari zaman kecil hingga saat jadi anak sekolah, Andre dikenal teman-temannya sebagai sosok yang suka ngocol. Malah keahliannya melucu menjadi daya pikat para wanita. ”Cewek-cewek saya dulu itu suka sama saya karena saya pinter ngelucu,” katanya lantas tersenyum.

Sebelum menikah dengan Erin pada 17 Desember 2005, Andre pernah dekat dengan beberapa perempuan cantik. Di antaranya Linda Rachman dan Indah Ludiana. Keduanya model dan bintang sinetron. Tapi, akhirnya Erin-lah yang menjadi pelabuhan terakhirnya. Meski terpaut usia lebih tua 11 tahun dari Erin, rumah tangga mereka hingga saat ini adem ayem. Apalagi, mereka sudah dikaruniai dua anak, yaitu Ardio Reihansyah Taulany dan Arkenzy Salmansyah Taulany. (jpnn/yen)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s