Konsultasi: Sering Merasa Tidak Sehat

Oleh : Nalini M. Agung, Psikiater

Dokter, saya pelajar berusia 14 tahun. Setiap mengikuti pelajaran olahraga atau sekadar bermain sepak bola, saya selalu merasa mual dan ingin muntah. Selain itu, sesudah sarapan, perut saya selalu terasa sakit. Bah­kan, saat pelajaran, saya kadang-kadang merasa sakit. Ada apa dengan saya, Dok?

Yongky, Surabaya

MENYIKSA juga ya kalau kamu sering merasa tidak sehat. Sakiiit melulu. Mau ngapa-ngapain jadi terhambat. Masalahnya, apa memang kamu sakit beneran atau ”hanya” merasa sakit secara subjektif? Nah, itu memerlukan pemeriksaan seksama.

Sebaiknya, kesehatan fisik perlu diperiksakan dulu. Mungkin, memang ada yang perlu ditangani. Periksa ke dokter keluarga, ke ahli penyakit dalam, atau ke dokter anak langganan (saya tidak tahu, ka­rena usiamu 14 tahun, apakah biasanya kamu masih ke dokter anak atau sudah ke dokter orang dewasa).

Paling tidak, bisa diketahui, apakah keluhan mual atau ingin muntah dan perut terasa sakit tersebut memang tidak berhubungan dengan gangguan di sistem pencernaan atau liver. Atau, ada yang lain? Perlu kepastian dulu. Sebab, keluhan yang kamu rasakan ber­kaitan dengan gejala penyakit tertentu. Khu­susnya, sistem pencernaan.

Bila secara umum sehat, bisa jadi memang ada masalah psikologis yang ikut bermain seperti ”makelar kasus”. Dalam istilah populer kerap disebut mengalami gejala psikosomatis. Apakah gejala tersebut muncul dalam situasi atau kondisi tertentu atau timbul setiap saat? Perlu dicermati.

Bila membaca suratmu, kayaknya, ada situasi khusus yang mencetuskan keluhanmu tersebut. Yaitu, jam pelajaran olahraga. Paling tidak, kamu merasa tidak comfort de­ngan suasana atau mata pelajaran tertentu. Apakah suasana sekolah membuatmu cemas? Tentu perlu omong-omongan mendalam tentang banyak hal. Termasuk, dengan orang tuamu. Ayo minta orang tuamu nganter ke dokter dulu. Lebih cepat, lebih baik. (c12/nda)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s