KPU Gelar Pendaftaran Calon Perseorangan

Kasipute, KP
Sejak 15 April lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bombana mulai membuka pendaftaran bagi calon Bupati yang akan maju melalui jalur perseorangan.  Sesuai tahapan program pemilihan umum kepala daerah yang dikeluarkan, pendaftaran dibuka hingga minggu ketiga April.

Iskandar SP, ketua Pokja Pencalonan KPU Bombana yang ditemui menjelaskan sejumlah bakal calon perseorangan telah datang ke KPU. Mereka sebatas berkonsultasi tentang syarat pencalonan hingga masa pendaftaran. Salah satu diantaranya yakni Abustam, mantan Ketua DPRD Bombana.

Bakal calon perseorangan, kata Iskandar diminta datang dengan melengkapi bukti dukungan yang disyaratkan. Di antaranya rekapitulasi dukungan masyarakat sekitar sembilan ribuan orang yang tersebar di lebih seperdua kecamatan yang ada di Bombana. Jumlah tersebut sama dengan  6,5 persen dari jumlah penduduk Bombana yang per 31 Desember lalu. ”Dukungan itu harus tersebar minimal di 12 dari 22 kecamatan yang ada di Bombana,” kata Iskandar.
Pasca pendaftaran kata Iskandar, KPU akan melanjutkan dengan melakukan verifikasi administrasi dukungan mulai dari PPS, PPK hingga KPU. Ia memastikan bila bakal calon perseorang tidak memenuhi syarat, entah itu karena dukungan ganda, fiktif hingga KTP yang diajukan sudah tidak berlaku, maka KPU tak akan segan mencoret. ”Begitu juga jika ada warga yang menyangkal mendukung seorang bakal calon, otomatis bukti dukungan dibatalkan. Bila jumlah dukungan yang sudah dikurangi pembatalan lebih sedikit dari kuota dukungan minimal, maka bakal calon tidak lolos dan tidak bisa mendaftar,” katanya.

Calon yang lolos verifikasi pendukung, berhak mendaftarkan diri bersama calon yang diusung partai politik. Pendaftaran pasangan calon peserta pemilihan Bupati dan wakil Bupati Bombana dilakukan waktu dekat ini sedangkan hari H pemungutan suara  digelar 8 Agustus mendatang.(nur/ong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s