TAJUK .::. Darah Segar di KONI Sultra

Dunia olahraga Sultra memasuki babak baru. Itu setelah Komite Olahraga Nasional (KONI) Sultra sukses menggelar musyawarah provinsi (Musprov) yang berlangsung 16 April lalu di salah satu hotel di Kota Kendari. Ajang empat tahunan yang diikuti seluruh KONI Kota-kabupaten dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang olahraga itu secara aklamasi memilih Gubernur Sultra H Nur Alam SE untuk menahkodai organisasi tersebut sampai empat tahun ke depan. Musprov yang dijadwalkan  berlangsung dua hari pun ternyata dapat diselesaikan dalam sehari saja. Tak ada perdebatan keras di acara yang ikut dihadiri perwakilan KONI Pusat tersebut.

Usai terpilih sebagai ketua umum KONI Sultra untuk periode kedua, Nur Alam mengajak seluruh stakholder yang ada di daerah ini untuk ikut bersama-sama membangun pembinaan dan pencapaian prestasi olahraga. Nur Alam juga menyatakan, seharusnya olahraga bersih dari berbagai kepentingan politik. Maka itu, sebelum dia menyatakan persetujuannya untuk dicalonkan sebagai ketua umum KONI, Nur Alam menyatakan tidak akan maju jika peserta tidak secara bulat mendukungnya.

Naiknya Nur Alam sebagai ketua umum KONI periode 2010-2014 tentunya sangat melegakan berbagai kalangan khususnya para pembina olahraga. Pasalnya, dunia olahraga Sultra masih sangat membutuhkan figur pejabat publik seperti Nur Alam yang saat ini menjabat Gubernur Sultra, dalam hal kepemimpinan olahraga. Belum ada lembaga lain yang mampu ataupun mau meluangkan waktunya mengurusi olahraga. Apalagi padangan masyarakat kita terhadap dunia olahraga belumlah menempatkan sebagai sesuatu yang sangat penting. Olahraga belumlah dianggap sebagai suatu bidang yang prioritas. Masih banyak bidang lain yang lebih diprioritaskan dalam membangun daerah ini. Padahal, jika dikelola dengan sungguh-sungguh, olahraga merupakan salah satu sektor kehidupan penting dalam rangka perputaran roda perekonomian.

Kita juga patut memberikan apresiasi kepada Nur Alam yang ternyata meskipun sudah disibukkan dengan berbagai urusan masih mau mengurus KONI Sultra. Tentu Nur Alam sadar betapa pentingnya pembinaan olahraga dalam rangka menciptakan manusia berkwalitas. Pasti Nur Alam juga sadar bahwa pencapaian prestasi dapat meningkatkan prestise daerah ini sejajar dengan daerah lain yang sudah maju.

Maka itu, kita patut memberikan apresiasi terhadap tekad Nur Alam untuk membawa Sultra meningkatkan prestasinya dalam ajang PON tahun  2012 mendatang. Apalagi  dalam PON yang lalu kita masih terbenam di papan bawah. Setidaknya, tekad Nur Alam menaikkan anggaran olahraga Sultra merupakan satu pertanda bahwa dunia olahraga kita punya harapan cerah ke depan.

Hanya saja, dalam rangka penyusunan kepengurusan KONI yang akan membantu Nur Alam nantinya, benar-benar haruslah mereka yang punya loyalitas terhadap dunia olahraga. Mereka yang punya visi ke depan membangun dan mengembangkan prestasi olahraga kita. Sehingga buah-buah fikiran dari figur-figur yang baru dengan darah yang segar diharapkan mampu menopang tekad ketua Umum KONI Sultra.

Kita berharap mereka nantinya yang duduk di kepengurusan KONI Sultra bukanlah orang-orang yang nantinya malah harus diurus lagi. Bukan mereka-mereka yang malah numpang hidup di KONI Sultra. Berikan kesempatan kepada orang-orang yang memang punya visi membangun dan mengembangkan olahraga kita. Dan yang pasti tentunya mereka harus profesional dan punya loyalitas.

Ini sejalan pula dengan harapan ketua umum KONI Sultra agar seluruh kalangan ikut serta dalam membangun pembinaan dan prestasi atlet Sultra. Karena tugas berat ini tidak akan mampu dikerjakan sendiri oleh sang ketua bersama jajarannya. Harus ada sinergitas antara berbagai stakeholder yang ada untuk sepakat membangun prestasi kita.(***)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s