Ada Lagi Mr. Z

Depok, KP
KomjenPolSusnoDjuadjiterusbertekad membuat gerah para pelaku kejahatan. Setelah berhasil menggiring dua pelaku dengan sebutan Mr.X dan Mr. Y, yang kini keduanya telah menjadi tersangka.

Giliran nama lain bakal dibeberkan. Pelaku yang bakal disebut dengan Mr. Z itu rencananya dibeberkan saat pemeriksaan di Mabes Polri. Itu untuk memenuhi surat pemanggilan yang telah diterima Susno pada Sabtu (16/4) lalu. “Ya, lihat saja besok. Yang pasti bisa jadi ada Mr. Z yang bakal disebut-sebut juga terlibat. Siapa orangnya, bukan disini mekanisme penyampaiannya,” jelas kuasa hokum Komjen Pol Susno Djuadi, Efran Helmi Juni saat mendatangi kediaman Susno Djuaji di Perumahan Puri Cinere Jalan Cibodas I No 7, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Senin (19/4) siang.

Efran memastikan surat pemanggilan ini tidak bakal disiasiakan oleh Susno. Pemanggilan itu dipastikan baka dipenuhi. Sekaligus membeberkan bukti-bukti baru yang bisa dijadikan informasi tambahan. Selama ini, lanjut dia bukti yang telah dibeberkan Susno tidak ada yang rekayasa. Semua datanya valid dan dipercaya. Tidak ada maksud politis dan lainnya. Tindakan ini murni sebagai upaya menegakan hukum. “Kan teman-teman lihat sendiri. Apa yang disebut Mr.X dan lainnya benar ada. Pelakunya juga seperti yang disebut pak Susno,” terangnya. Didesak soal nama yang menggunakan sebutan Mr.Z itu, Erfan enggan menjawab. Alasannya pembeberan fakta lainnya lebih baik dilakukan di kepolisian. Itu sebagai bentuk patuh terhadap azas praduga tak bersalah.

Menurutnya penggunaan sebutan Mr. X dan lainnya menunjukan sikap patuh pada azas praduga tak bersalah. Artinya, tidak ada yang ingin dicitrakan buruk oleh Susno. Semua yang disampaikan sebatas data temuan semata.

Terkait isu akan ditahannya Susno pasca pemeriksaan, Efran mengakui itu bisa saja terjadi. Karena tindakan tersebut juga merupakan bagian dari penegakan hukum. Hanya saja alasan atas tindakan itu harus tepat. “Kan ada argumennya kalau itu terjadi. Nah, sekarang apa argument itu. Ini yang harus dikethaui,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Efran pemanggilan Susno oleh Mabes Polri dalam kasus Gayus ini sebatas memberikan keterangan. Dengan dasar itu tidak perlu ada tindakan yang lebih lanjut dilakukan pemeriksa.

Apalagi saat ini pun tidak ada penetapan status tersangka bagi
Susno.(rko)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s