Guru Non PNS Berpeluang .::. Peroleh Sertifikasi Profesi

Kendari, KP
Sertifikat profesi, yang selama ini menjadi pemacu tenaga pendidik meningkatkan kompetensinya mayoritas di dominasi oleh guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Padahal, guru non PNS pun memiliki kesempatan yang sama untuk meperoleh sertifikat profesi asalkan sudah memenuhi syarat yang ditentukan.

Bendahara tunjangan sertifikasi Dinas Pendidikan Sultra, Ahmad S Sos mengatakan, dalam proses penerimaan sertifikat profesi, seluruh guru baik yang sudah berstatus PNS maupun non PNS memiliki peluang yang sama untuk sertifikasi. Hanya saja selama ini, usulan untuk guru non PNS sebagai penerima sertifikat masih kurang.

“Tidak ada pembedaan antara guru yang PNS dan non PNS dalam perolehan sertifikat profesi. Meskipun diakui saat ini masih kurang usulan untuk guru non PNS. Dari kuota 2007, 2008 dan 2009 baru sekitar 200 orang yang sertifikasi,” terangnya.

Menurut Ahmad untuk pengusulan guru non PNS syaratnya minimal sarjana (S1), masa kerja lima tahun, jika mengajar di sekolah swasta, SK tugasnya ditandatangani oleh ketua yayasan, jika mengajar di sekolah negeri SK ditandangani oleh pejabat minimal eselon II. Jam mengajar minimal 24 jam dalam seminggu. “Guru non PNS yang berhak menerima tunjangan adalah jika sekolah yang butuh guru, bukan guru yang butuh sekolah,” katanya. (cr5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s