Bayern Munchen v Lyon, Awas!! Counter-Attack

Berlin,KP
Bayern Munchen dan Olympique Lyon sama-sama merupakan tim kejutan di empat besar Liga Champions musim ini. Sepanjang perjalanan, mereka sukses menaklukkan musuh yang lebih difavoritkan. Bayern menjegal Manchester United di perempat final, sementara Lyon menyingkirkan Real Madrid di 16 besar. Siapa yang bakal melanjutkan kejutan hingga ke final, bisa dilihat ketika keduanya bentrok dalam first leg semifinal di Allianz Arena, dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB). Kali ini, Bayern yang dalam posisi lebih difavoritkan. Catatan dan tradisi mereka di Eropa memang jauh lebih mentereng dari sang calon lawan. FC Hollywood-sebutan Bayern-sudah memenangkan empat trofi Liga Champions, sementara Lyon bahkan belum pernah mencapai final. Prestasi tertinggi mereka di ajang ini adalah perempat final.
Musim ini, rekor domestik mereka juga bertolak belakang. Bayern kukuh di puncak klasemen Bundesliga, sementara Les Gones-julukan Lyon-masih kesulitan menembus empat besar. Di Liga Champions, mereka hanya sekali kalah, yakni dari Bordeaux di fase grup. Selebihnya, Bayern selalu menang di Allianz Arena.
Namun, segala catatan itu tidak membuat kubu Bayern terlalu percaya diri. Sebab, Lyon adalah tim istimewa yang mampu meningkatkan level permainan sesuai dengan level lawannya. Itu yang diperagakan asuhan Claude Puel tersebut kala mengeliminasi Real dan mengalahkan Liverpool di fase grup.
“Akan sangat sulit melawan Lyon, karena mereka tim yang sangat bagus. Kami tidak boleh membiarkan diri kami terlena dan memikirkan final,” kata gelandang serang Bayern Franck Ribery kepada AFP.
“Lyon sangat terorganisasi, sangat agresif, dan secara fisik sangat kuat,” tambah pelatih Louis van Gaal. “Mereka punya banyak pemain yang cepat dalam melakukan counter-attack, dan semuanya merupakan pengolah bola yang baik. Bakal sulit sekali mengatasi tim dengan karakter seperti itu,” lanjutnya.
Dalam laga kali ini, Bayern hanya kehilangan kapten Mark van Bommel yang kena larangan main. Sementara Franck Ribery yang mengalami masalah hamstring kala Bayern menghajar Hanover 7-0 Sabtu malam lalu sudah fit berkat penanganan khusus Van Gaal. Pemain berjuluk Scarface itu menghabiskan tiga hari untuk menjalani sesi  latihan terpisah dengan rekan-rekannya.
“Kehilangan Van Bommel adalah kerugian besar,” kata Van Gaal kepada Reuters. “Tapi di sisi lain, kami bakal diperkuat Ribery. Saya yakin dia siap all out. Saya melindunginya sedikit karena ototnya sangat rapuh,” tambah manajer asal Belanda tersebut.
Salah satu yang bikin Van Gaal percaya diri adalah fakta bahwa Lyon bakal menghabiskan sepuluh jam melakoni perjalanan darat dengan bus. Paling tidak, ketangguhan fisik yang jadi salah satu senjata Lyon bakal tereduksi. Bahkan pemain Lyon sendiri mengaku faktor itu menjadi gangguan.
“Ini sangat sulit buat semua orang, tapi kami mencoba menerimanya,” kata kapten Lyon Cris, seperti dikutip Reuters. “Secara mental, kami semua sangat termotivasi. Yang harus kami lakukan adalah melupakan perjalanan dan fokus ke pertandingan. Kami sangat siap,” tegasnya.
Puel juga dipusingkan dengan absennya sejumlah pemain. Gelandang tengah Jean-Alain Boumsong yang kena cedera betis, Jean Makoun (otot), Mathieu Bodmer (punggung) dan Dejan Lovren (lutut). Kondisi striker Lisandro Lopez juga diragukan, meski ada kemungkinan Puel akan memaksakan dia main demi mengejar gol tandang.
“Kadang ada tim yang bisa menyelesaikan semuanya ketika banyak orang tidak menyangka. Porto sudah pernah melakukannya dengan menjadi juara edisi 2004,? ucap gelandang Jeremy Toulalan. “Mungkin kali ini giliran kami,” lanjutnya optimistis. (na)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s