Hery Silondae Dilarang Ikut Pilkada

Kendari, KP
Nampaknya peta persaingan politik di Konawe Utara (Konut) akan sedikit berubah. Pj Bupati Hery Hermansyah Silondae, yang sudah mengikuti penjaringan balon bupati dan menunjukkan tekadnya untuk bersaing menjadi bupati Konut, kemungkinan akan batal.Kemungkinan tersebut dikatakan kepala biro pemerintahan Setda Sultra, Andi Baso Alam. Diperpanjangnya masa jabatan Hery Silondae sebagai Pj Bupati adalah penyebabnya. Disamping itu, Gubernur Sultra, Nur Alam, memberikan beberapa catatan jika Hery masih menginginkan posisi Pj Bupati. Diantaranya adalah Hery tidak boleh maju sebagai calon bupati dan harus mengawal proses Pemilukada agar sesuai jadwal yang ditetapkan KPU yakni 27 Juni.
“Itu menjadi penekanan Pak Gubernur, terutama poin tidak mengikuti Pemilukada dan mempercepat proses,” ujar Andi Baso.
Catatan tersebut kata Andi Baso, tidak tercantum di dalam SK Mendagri perihal pengangkatan Hery Silondae sebagai Pj Bupati Konut. Tetapi, sudah menjadi kesepakatan antara Gubernur dan Hery Silondae. “Saya pikir pak Hery tidak akan maju di Pilkada nanti,” imbuhnya.
Andi Baso menambahkan, alasan lain Gubernur memberikan catatan tersebut kepada Hery, agar proses pemilukada di Konut bisa berjalan tanpa harus ada kekosongan lagi. “Pemilukadanya kan sudah dekat, bayangkan kalau harus mengundurkan diri lagi untuk jadi calon bupati, berarti ada kekosongan dan harus diusul lagi ke Mendagri,” tukasnya.(cr2/ong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s