Kenaikan Gaji PNS Pemprov Dibayar Mei

Sebesar 5 Persen dari Gaji Pokok

Kendari, KP
Para pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Pemprov Sultra, boleh sedikit tersenyum. Kenaikan gaji PNS sebesar 5 persen dari gaji pokok, akan mulai dibayarkan pada awal Mei tahun ini. Keputusan pembayarannya telah diterima oleh Pemprov Sultra dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani.Asisten III Setda Sultra Thamrin Patoro, mengatakan dengan keluarnya keputusan pembayaran dari Menkeu, maka staf pembuat daftar gaji akan langsung menghitung besaran kenaikannya.
Namun, kenaikan gaji yang oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ditetapkan per Januari 2010 lalu, tidak akan dibayar dengan kekurangan gaji dulu. Thamrin, menyebut karena baru dihitung, maka PNS hanya akan menerima kenaikan lima persen dulu. Sedangkan kekurangan sejak Januari hingga April akan dibayarkan kemudian.     “Setelah menerima gaji, di bulan Mei itu juga, pembuat daftar gaji akan bekerja lagi secara manual untuk membuat rapelan kekurangan dari Januari sampai April,” ujarnya.
Saat ditanya kenapa ada rentan waktu yang lama antara keputusan Presiden dengan realisasi pembayaran, Thamrin mengatakan pemprov menunggu keputusan dari Menkeu. “Kita punya acuan, boleh membayar setelah ada kejelasan dari menteri keuangan,” imbuhnya sembari mengatakan tidak akan ada potongan gaji PNS terkait kenaikan lima persen tersebut. “Saya tegaskan lagi, tidak ada pemotongan,” tegas Thamrin.
Kenaikan gaji lima persen tersebut sambung Thamrin, juga telah diantisipasi pada alokasi DAU di APBD Sultra. Karenanya, Ia menepis keraguan bahwa APBD Pemprov tidak akan mempu menanggulangi kenaikan gaji PNS.
Sekedar catatan untuk gaji PNS tiap bulannya pemprov mengalokasikan sebesar Rp 7 miliar. “Sumber gaji berasal dari APBD yang sudah dianggarkan melalui DAU yang ada. DAU dari pusat itu sudah tercantum belanja daerah seperti gaji pegawai,” tukasnya.
Sebagai tambahan, untuk gaji PNS golongan I A dengan masa bhakti antara 0-32 tahun berkisar antara Rp 1,04 juta sampai Rp 1,42 juta, golongan II A antara Rp 1,3 juta sampai Rp 1,9 juta. Gaji golongan III A berkisar antara Rp 1,6 juta sampai Rp 2,4 juta dan gaji golongan empat A berkisar antara Rp 1,9 juta sampai Rp 2,8 juta. (cr2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s