Kinerja KPK Tidak Terpengaruh

Jakarta, KP
Kemenangan Anggodo Widjojo dalam gugatan praperadilan terkait surat ketetapan penghentian penuntutan (SKPP) terhadap pimpinan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Bibit Samad Riyanto dan Chandra Marta Hamzah disikapi oleh lembaga antikorupsi tersebut. Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan Bibit Samad Riyanto mengaku sudah siap dengan berbagai
kemungkinan. “Saya tidak kaget dengan putusan tersebut. Konstruksi SKPP memang seperti itu. Jadi, masih bisa banding,” ujar Bibit saat press conference di gedung KPK kemarin (20/4)
Bibit yang tampil tanpa kacamata menuturkan bahwa dirinya dalam kondisi pasif. Artinya, dia tidak
memiliki kapasitas untuk dimintai keterangan atau pertimbangan terkait putusan yang dikeluarkan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan itu.
Terkait upaya hukum yang akan dilakukan oleh kejaksaan, Bibit  bersyukur. “Alhamdulillah, saya dengar JPU sudah memutuskan mengajukan banding. Kita lihat berikutnya apa,” katanya.
Kemenangan Anggodo, tutur Bibit, tidak membuat dirinya terbebani. Dia tetap menghormati putusan pengadilan. Bahkan, jika ada kemungkinan dirinya disidangkan kembali, Bibit mengaku siap. “Akan ada
berbagai kemungkinan yang terjadi. Yang jelas, saya siap saja,” ucapnya.
Soal kemungkinan penonaktifan terhadap dirinya dan Chandra Hamzah, Bibit memastikan hal itu tidak akan mempengaruhi kinerja pimpinan KPK. “KPK jalan terus dalam menangani kasus-kasus  korupsi,” katanya. Penanganan kasus Anggodo dan Anggoro Widjojo (kakak Anggodo) masih berjalan. “Anggoro terus disidik, sementara Anggodo P21. Tapi, saya tidak ikut cawe-cawe. Terserah teman-teman yang lain,” terangnya.
Sementara itu, tim kuasa hukum kasus Bibit-Chandra mulai  bersiap-siap. Kemarin, salah seorang anggota tim kuasa hukum Alexander Lay mendatangi gedung KPK. Dia tiba sekitar pukul 18.30. Ketika ditanya tujuan kedatangannya, dia menjawab. “Kami akan koordinasi,” jawabnya.
Dalam press conference, Bibit juga menuturkan
bahwa anggota tim kuasa hukumnya tinggal lima orang. Yakni, Bambang  Widjojanto, Alexander Lay, Achmad Rivai, Trimoelja D Soerjadi, dan Taufik Basari. Arief Surowidjojo tidak lagi dilibatkan dalam tim tersebut.(ken/dwi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s