Mahasiswa Galang Tanda Tangan

Desak Mundur Dekan FPIK Unhalu

Kendari, KP
Untuk keempat kalinya, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Fakultas Perikanan Unhalu menggelar unjuk rasa di pelataran Fakultas Perikanan dan Ilmu Pendidikan (FPIK) Unhalu, kemarin (20/4). Tuntutan mereka pun masih sebatas desakan pemberian sanksi kepada Prof Dr Laode Muh Aslan yang dituding arogan selama menjabat sebagai Dekan FPIK.Tak puas berorasi, mahasiswa pun membakar ban bekas kemudian menggalang tanda tangan di internal mahasiswa dalam rangka mendukung aksi Aliansi Mahasiswa Fakultas Perikanan, untuk memberhentikan Dekan FPIK yang terindikasi melakukan kebijakan semau gue.
Setelah berorasi sekitar setengah jam, puluhan mahasiswa akhirnya ditemui Dekan FPIK di ruang rapat fakultas. Di sana, Muchlis, mahasiswa FPIK mempertanyakan sikap Dekan yang berniat memata-matai mahasiswa dan mensyaratkan mahasiswa mencium kakinya.
Untuk meyakinkan mahasiswa, Aslan membuka dialog dengan membaca ayat kursi dan surat Al Fatiha. Selanjutnya, Ia menampik tudingan berniat mematai-matai mahasiswa yang semuanya adalah anak-anaknya.
“Jangan hanya percaya pernyataan sepihak, mestinya dikonfirmasi. Jelas saya tidak berniat mematai-matai siapapun, apalagi mahasiswa saya. Soal kuliah bahasa Inggris sudah lama kita sosialisasi. Ini adalah visi misi rektor, begitu pula larangan merokok dalam ruangan adalah penegasan rektor,” tandas Dekan FPIK itu.
Ia juga menyampaikan bahwa saat Ospek ada tanda tangan bermaterai yang disepakati mahasiswa, isinya antara lain tidak membawa senjata tajam, tidak bentak dosen, tidak melakukan perbuatan asusila, tidak melakukan pengrusakan fasilitas. Bila diabaikan, ada sanksi mahasiswa yag melanggar disiplin berupa sanksi akademik diskorsing atau dkeluarkan dari FPIK Unhalu.
“Soal rokok, silahkan dikonfirmasi pada rektor. Saya tidak punya kewenangan menyalahi perintah rektor, karena saya adalah bawahan rektor, sehingga harus loyal pada pimpinan.  Kalau anda katakan ada di fakultas lain yang membolehkan merokok, silahkan ajukan surat pindah di tempat lain. Kita siap tanda tangani,” pungkasnya. (emi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s