Data Kesehatan Belum Akurat

Amin Yohannis: Dinkes Kabupaten dan Kota Belum Transparan

Kendari, KP
Penanganan masalah kesehatan di Sultra sangat didukung dengan data-data tentang kesehatan masyarakat dari Dinas Kesehatan kabupaten/kota di Sultra. Pasalnya, dari laporan tersebut, penganggaran peningkatan layanan kesehatan akan lebih diperhatikan jika datanya akurat. Sayangnya, Dinkes kabupaten/kota ditengarai masih merekayasa laporan kesehatan ke Dinkes provinsi.Menyikapi persoalan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Drs Amin Yohannis APt DMM MKes, meminta agar pihak kabupaten/kota melaporkan secara akurat tentang profil kesehatan di daerah masing-masing. Penegasan itu disampaikannya saat  rapat pemutakhiran data profil kesehatan yang diikuti Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten/kota se Sultra, 20-21 April, di Kendari.
Menurut Amin, data profil kesehatan sangat dibutuhkan untuk menentukan langkah atau kebijakan yang akan ditempuh untuk menanggulangi masalah kesehatan di masyarakat. Syaratnya, lanjut dia, data yang disampaikan harus akurat dan sesuai fakta yang terjadi di lapangan.
“Ada semacam budaya negatif yang terjadi pada kita. Biasanya, kita enggan melaporkan data yang sebenarnya karena alasan malu. Misalnya, di suatu daerah terjadi 10 kasus gizi buruk. Tapi yang dilaporkan hanya satu. Ini bukan saja membohongi diri sendiri tapi yang lebih fatal lagi, tindakan itu bisa membuat masalah kesehatan di masyarakat menjadi tidak tertuntaskan,” ungkapnya.
Karena itu, dirinya meminta agar itu agar Dinkes kabupaten/kota bisa serius mengelola data kesehatan secara tepat dan akurat. Pasalnya, hanya dengan data yang akurat, permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat bisa ditangani dengan baik.
Selain belum akuratnya data, tambah Amin Yohannis, masih terdapat beberapa masalah lain yang juga menjadi kendala dalam penyusunan profil kesehatan di Sultra. Masalah itu diantaranya, laporan yang belum tepat waktu, masih rendahnya kualitas laporan serta belum dianalisis secara tepat.
Senada dengan Kadinkes, ketua panitia kegiatan yang juga Kepala Seksi Pengembangan Manajemen dan Data Informasi Dinkes Sultra, Zakaria SKM MKes menyatakan, dalam pertemuan ini, seluruh kabupaten/kota akan memaparkan data profil kesehatan di daerah masing-masing. Data tersebut nantinya akan dikumpulkan dan dianalisis sebagai profil kesehatan yang tepat, akurat dan bisa menjadi acuan penyusunan program kesehatan. (rif)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s