Kartu PNS Elektronik Dikeluarkan

Kendari,KP
Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra  bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI mengeluarkan Kartu PNS Elektronik (KPE). Selain tanda kepegawaian (Karpeg), KPE juga berfungsi sebagai  kartu anjungan tunai mechine (ATM), kartu askes dan kartu debit. Rencananya kartu ini resmi dioperasikan Juni 2010. Kepala Biro Direksi BPD Sultra, Arvianus mengatakan, pihaknya telah mensosialisasikan elektronik khusus PNS tersebut kepada semua Sekda kabupaten/kota termasuk Sekda Provinsi Sultra. Nantinya, Sekda yang memperkenalkan KPE pada PNS di lingkupnya.  “Program nasional ini sudah berlaku di Jawa, untuk Sulawesi, baru dilakukan di Sultra. Bila daerah ini lebih cepat, tentunya kita akan menjadi pioner untuk provinsi lainnya,” terang Arvianus.
Sebagai kartu ATM, KPE bisa digunakan sebagai alat pengambilan gaji sehingga pegawai negeri tidak harus antri di BPD.  Setiap pegawai dapat mengambil uangnya di ATM BPD ataupun ATM bersama. Khusus di Kabupaten tentunya akan ada penambahan mesin ATM minimal setiap daerah ada dua mesin.          “Mereka yang ingin berbelanja tidak harus menggunakan uang cash, tapi cukup menggesek kartu debitnya di merchat swalayan yang disediakan. Termasuk  pembayaran rekening telepon atau PLN bisa menggunakan fasiltias KPE ini. Demikian halnya untuk pengobatan, pegawai bisa menunjukkan kartu tersebut,” papar Arvianus.
Menurutnya, program ini direncanankan bersama BKN sejak tahun 2008, namun karena banyak hal yang harus dipertimbangkan akhirnya baru terealisasi tahun ini. Mengingat jumlah PNS di daerah ini cukup banyak, maka pihak bank tidak mungkin menanggung sehingga masing-masing  PNS dikenakan  biaya pencetakan kartu dengan taksiran sekitar Rp 20 – Rp 25 ribu per kartu.
Untuk meningkatkan keamanan KPE, pihak BPD akan memberikan chips untuk menjaga kemungkinan tindakan kejahatan pada ATM. “Supaya lebih dipahami, kami akan terus mengimformasikan penggunaan dan manfaatnya melalui sharing yang digelar menjelang pengoperasian KPE ini,” pungkas Arvianus. (lis)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s