Konsumsi BBM Subsidi Dibatasi

Untuk Mobil di Atas 2000

JAKARTA – Rencana pembatasan konsumsi BBM (bahan bakar minyak) bersubsidi kembali mencuat. Salah satu usul yang berkembang adalah memberikan subsidi tertutup khusus untuk kendaraan pribadi keluaran 2000 ke bawah atau untuk kendaraan umum pelat kuning.”Salah satu wacana yang berkembang adalah membatasi mobil pribadi mengonsumsi BBM bersubsidi seperti premium atau solar. Caranya dengan melihat tahun pembuatan,” ujar Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Evita Herawati Legowo di Jakarta kemarin (20/4).
Ke depan, lanjut Evita, yang boleh menggunakan BBM bersubsidi adalah kendaraan pribadi keluaran 2000 ke bawah. Dengan begitu, mobil pribadi pembuataan di atas 2000 tidak boleh memakai BBM bersubsidi. Penandanya menggunakan stiker, bukan smart card seperti rencana sebelumnya. ”Dengan begitu, bisa lebih murah. Kita akan bekerja sama dengan kepolisian,” kata Evita.
Skenario lain pembatasan BBM bersubsidi adalah hanya mengalokasikan untuk kendaraan umum. Cara seperti itu dinilai lebih mudah di lapangan. Namun, Evita menegaskan, rencana itu tetap harus dikonsultasikan dengan lembaga legislatif. ”Kami tak bisa memutuskan sendiri. Akan kami bicarakan dengan DPR,” tegasnya.
Sebelumnya, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh berharap, pada 2014-2015, Indonesia bisa bebas subsidi energi. Dengan begitu, harga keekonomian BBM bisa bisa diterapkan. Mengenai penghapusan subsidi energi, Evita menyatakan telah membahas secara maraton dengan parlemen. ”Kemarin (Senin) saja sampai jam 12 malam,” tuturnya.
Ketua Komisi VII DPR Teuku Riefky Harsya mengatakan, larangan penggunaan BBM bersubsidi bagi kendaraan pribadi dengan klasifikasi tertentu bisa diwujudkan. ”Pembatasan memang mungkin dilakukan. Sebab, mobil-mobil mewah, baik milik pribadi maupun perusahaan besar, sudah selayaknya tidak menggunakan BBM bersubsidi,” ujarnya.
Meski demikian, dalam penerapan kebijakan tersebut, pemerintah harus melakukan survei. Itu berkaitan dengan kategori-kategori kendaraan yang tidak boleh menikmati subsidi BBM lagi.
Selain itu, imbuh dia, pemerintah harus membuat aturan yang jelas. Dengan begitu, jika hal itu diterapkan, tak akan timbul masalah baru. (wir/c4/oki)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s