Lima Cabup Muna Cabup Nomor Urut

Raha, KP
Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna, dengan agenda pencabutan nomor urut pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Muna berlangsung sukses, kemarin. Acara ini dipimpin langsung Ketua KPU Muna, Al Munardin SH didampingi empat anggotanya, La Uluha BA, Ilyas Alboim SPd, Amin Rambaega SPd dan La Habo, plus sekretaris KPU Muna, La Halisi.
“Kita lakukan ini agar tidak ada rekayasa. Makanya, sebelum pengambilan nomor urut, harus diawali dengan pengambilan nomor undian. Dan sebelum pengundian, untuk lebih transparannya, silahkan Panwas dan masing-masing tim, kami persialakan melihat kotak tempat nomor undian,” tegas La Power sapaan akrab Al Munardin.Pasangan La Ode Kardini-Kamaruddin Thanzibar mendapat nomor urut 1, La Pili-La Ode Halami nomor urut 2, LM Baharuddin-Abdul Malik Ditu nomor urut 3, La Ode Gawu-Arwaha Ady Saputra nomor urut 4 dan pasangan LM Rusman Emba-Haridin mendapat nomor urut 5.
Ada pemandangan yang menarik pada saat penarikan nomor urut. Saat kesempatan diberikan kepada pasangan Rusman Emba-Haridin, mendapatkan nomor urut 5, seluruh tim sukses RAMAH yang berada di dalam ruangan langsung aula Bappeda mengangkat kertas yang bertuliskan RAMAH nomor urut 5.
Demikian pula pada saat kesempatan diberikan kepada pasangan calon, La Ode Kardini-Kamaruddin Thanzibar, saat mencabut nomor urut 1, secara spontan, La Ode Kardini dan Kamaruddin Thamzibar mengeluarkan baju kaos warna putih yang bergambar muka mereka dan bertuliskan KADIN nomor urut 1.
La Ode Kardini saat dimintai tanggapannya tentang nomor urut 1, spontan ia menjawab bahwa itu adalah nomor hoki. “Ingat di muka bumi ini adalah semua ciptaan Allah dan angka 1 itu adalah huruf alif,” singkatnya.
Ketua tim ILHAM, Umar Bonte mengaku bahwa nomor urut 2, itu adalah nomor hoki. “Ada siang, ada malam, ada calon bupati dan calon wakil bupati, ada tanah ada langit, semua harus berpasangan-pasangan. Artinya Tuhan menciptakan berpasang-pasangan. Makanya nomor 2 adalah nomor kemenangan,” tegasnya.
LM Baharuddin MKes secara tegas mengatakan bahwa nomor 3 angka keberuntungan untuk menang dan siap membawa perubahan. “Saya contohkan, aba-aba saat mau lari, hitungan 1-2-3 lari, nanti hitungan  3 baru bisa lari dan kita berharap dengan angka 3 ini, bisa tampil memenangkan pemilukada dengan tujuan untuk melakukan perubahan,” terangnya.
Demikian pula dengan angka 3, lanjutnya, ini punya nilai tersendiri yakni pasangan DAMAI didukung tiga partai besar (PAN, PDIP, PD,red). “Angka 3 ini juga sudah sesuai dengan program DAMAI S3, yakni sehat masyarakatnya, sehat pemerintahannya dan sehat pembangunannya. Dengan nomor urut 3 sangat klop betul yang didukung dengan tiga partai besar memberikan perhatian yang pro pada rakyat,” jelasnya.
Kata Baharuddin, dari lima pasang calon bupati-wakil bupati, nomor urut tiga adalah gambaran keadilan dan keseimbangan. “Nomor urut 3 selalu berada di tengah. Tidak berat sebelah. Dalam kertas suara nanti, diletakkan bagaimanapun gambar para calon, nomor urut 3 selalu berada di tengah. Foto-foto para calon disusun vertikal maupun horizontal tetap berada di tengah. Insya allah ini adalah tanda-tanda kebesaran allah agar kami dan masyarakat Muna merebut kemenangan,” tutur Baharuddin.
Tim Damai, La Ode Koso SP menilai, ini semua adalah rekayasa Tuhan bahwa pasangan dokter LM H Baharuddin MKes-Ir H Abdul Malik Ditu yang di usung tiga partai politik dan tiga partai ini memberikan yang terbaik. “DAMAI ingin menang satu putaran dan kami ingatkan kepada penyelanggara pemilu agar bisa berjalan dengan damai pemilukada ini,” jelas Legislator asal PAN ini.
Tim sukses RAMAH, La Iwe mengatakan bahwa nomor 5 yang didapatkan oleh pasangan LM Rusman Emba-Drs P Haridin adalah nomor kemenangan yang dilandasi oleh nilai pancasila dan diilhami nilai-nilai keislaman. “Dua konsep dasar ini, kami yakini membangun masyarakat Muna sejahtera. “Sekali lagi nomor urut 5 adalah nasionalisme, religius, pancasila dan rukun Islam dan itu adalah roh PPP,” ungkapnya.
Pantauan koran ini, usai penarik nomor urut, seluruh pasangan calon ini pulang ke poskonya masing-masing dengan pengawalan polisi.(yaf/tri/ong)

—————————————————–
Kardini-Kamaruddin    Nomor Urut 1
Pili-Halami     Nomor Urut 2
Baharuddin-Malik     Nomor Urut 3
Gawu-Arwaha    Nomor Urut 4
Rusman-Haridin     Nomor Urut 5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s