Messi Kehilangan Roh

Guardiola Akui Lawan Tangguh

Messi dkk bag kehilangan roh saat melawat ke markas Inter Milan di Giuseppe Meazza kemarin dini hari. Ketatnya barisan pertahanan Inter yang dipercayakan kepada Maicon dkk, membuat  Messi tak banyak berbuat. Ini pula yang menjadi instruksi Jose Mourinho agar mematikan pergerakan pemain asal  Argentina itu.Belum ditau alasan pasti, tapi perjalanan Barca ke markas Inter itu melalui darat hingga pemain kurang recovery. Ini karena  debu letusan gunung Eyjafjallajokull di Islandia, terpaksa Barcelona harus melawat  dengan menggunakan bus. Perjalanan sepanjang 985 km berakibat pendeknya masa recovery pemain Barca.
Akhirnya Barca kalah dari Inter. Namun, entrenador Josep Guardiola menolak menjadikan perjalanan darat dari Barcelona ke Milan sebagai dalih. Pelatih berusia 39 tahun itu tetap bersikap ksatria dan menyatakan lawannya memang tangguh.
“Saya tidak ingin menjadikan itu sebagai alasan. Itu adalah perjalanan yang panjang, itu benar, tapi ini adalah semifinal Liga Champions dan hasrat untuk tampil pada partai puncak sangatlah penting,” kata Guardiola, kepada Sky Sport.
Ketika ditanyakan apakah ada efek terhadap kekalahan Barca. “Saya bukan dokter jadi saya tidak tahu bagaimana efek dari perjalanan itu kepada kami. Hasil memang tidak bagus dan kami juga memang sering kehilangan bola,” ujar Guardiola.
Menurut Guardiola, mending harus melakoni perjalanan 14 jam untuk tampil pada semifinal Liga Champions daripada hanya menyaksikan partai itu dari televisi alias gagal lolos ke semifinal. Sehingga, baginya perjalanan itu tidak layak jadi alasan.
“Inilah yang diberikan alam kepada kita. Memang agak mengganggu, tapi kami berada di sini, kami bisa tersenyum dan bermain dalam semifinal Liga Champions. Sebab, tidak mudah untuk bisa lolos ke babak ini,” beber Guardiola.
Kepada El Mundo Deportivo, bahkan Guardiola menyatakan pantas bersyukur karena Inter menang atas CSKA Moskow dalam perempat final. Jika tidak, bisa-bisa mereka harus menjalani perjalanan darat ke Rusia dan menghabiskan waktu lebih dari sehari.
Untuk menghadapi Inter, Barca harus menghabiskan waktu seharian di dalam bus. Jarak Spanyol dengan Italia tidaklah dekat. Meski satu daratan tapi mereka dipisahkan oleh Prancis. Mereka sempat beristirahat di Prancis sebelum lanjut ke Italia.
Debu vulkanik dari letusan gunung Eyjafjallajokull itu memang bikin lalu lintas udara di Eropa terputus. Tidak ada operator penerbangan yang nekat untuk terbang. Namun, UEFA tetap memutuskan agar pertandingan di Liga Champions tetap berjalan.
Selain itu, dua pertandingan lain di semifinal Europa League juga tetap berjalan sesuai rencana. Hanya pertandingan di Liga Champions wanita antara Olympique Lyon dan klub Swedia Umea IK pada semifinal yang ditunda. (nan/ham)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s