PLN Cari Investor Rp23 Triliun

Jakarta, KP
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), saat ini membutuhkan investasi sebesar Rp23 triliun untuk mendukung industri kelistrikan di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut untuk menutupi kebutuhan investasi PLN selama tahun 2010 dengan total berjumlah Rp73 triliun.“Saat sudah memenuhi lebih dari Rp50 triliun, yakni dari PLN sebesar Rp39,6 triliun dan non PLN misalnya APBN dan lainnya sekitar Rp23,4 triliun. Jadi PLN masih mencari sekitar Rp 23 triliun lagi yang akan ditawarkan pada investor selama 2010 ini,” kata Direktur Keuangan PLN, Setio Anggoro Dewo yang ditemui di DPR RI, Jakarta, kemarin (21/4).
Setio menambahkan, untuk mendapatkan investasi sebesar ini, pihaknya akan terus melihat berbagai peluang. Baik dari kombinasi bank, obligasi dalam dan luar negeri atau berbagai peluang lainnya yang menguntungkan kedua belah pihak.
“Kita akan lihat dulu nanti bentuk tawarannya. Kita akan cari mana yang penawarannya lebih menguntungkan dan lebih murah. Harus sesuai antara size dengan cost yang kita punya. Kalaupun pinjaman atau investasi, idealnya minimal Rp 1 triliun. Kalau tidak Rp1 triliun, rasanya tidak menguntungkan kita,” katanya.
Perihal rencana mendapatkan tambahan dari obligasi, kata Setio, saat ini masih sedang dipelajari lagi oleh PLN. Karena harus melihat perhitungan resiko dan kondisi pasar keuangan minimal hingga kuartal kedua tahun 2010. Sementara perihal mengenai kemungkinan mencari pinjaman dalam bentuk mata uang renminbi, ditegaskan Setio, sangat kecil kemungkinan opsi tersebut akan diambil oleh PLN untuk menutupi kebutuhan investasi.
“Kita akan lihat dan pelajari dulu semuanya. Seperti yang saya katakan tadi, harus melihat resiko, size dan cost. Inilah yang harus kita kombinasikan lagi. Soal renmibi, sepertinya itu bukan pilihan yang terbaik. Nggak deh, karena market jualnya saja sudah susah. Meskipun saat ini katanya rupiah mulai menguat,” tegas Setio.(afz)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s