Siswa SMP Workshop Konservasi

Surabaya, KP
Chanina Nur Amalia serius mendengarkan materi dari mentor Klub Tunas Hijau Suud Aulia Madjid tentang mangrove. Sesekali pandangan mata Chanina mengitari hutan mangrove di Pantai Tambak Wedi, Kenjeran. Dia tampak takjub.Siswi kelas 8 SMPN 11 Surabaya itu adalah salah seorang di antara 63 siswa SMP se-Surabaya yang mengikuti workshop konservasi lingkungan di Pantai Tambak Wedi Senin (19/4). Workshop tersebut merupakan agenda kegiatan kampanye lingkungan Earth Guest Day Program yang diselenggarakan Klub Tunas Hijau dan Accor Hotel Regional Jatim.
Memang, tidak semua peserta bisa mengikuti pendalaman materi di atas perahu seperti yang dialami Chanina. Hanya 30 siswa yang diajak berkeliling dengan menggunakan tiga perahu milik nelayan Kenjeran. Sedangkan 33 peserta lainnya mengikuti konservasi lingkungan warga nelayan pantai.
Para siswa mendapatkan pengetahuan tentang tanaman mangrove dan pemberdayaannya. Mereka tampak antusias mendengarkan penjelasan dari para mentor. “Saya baru tahu ada jenis tanaman mangrove api-api,” ujar Chanina.
Mereka diajari tentang cara mengembangbiakkan mangrove dan observasi perawatan mangrove untuk mencegah terjadinya abrasi laut. Abrasi adalah pengikisan daratan tepi pantai yang disebabkan empasan air laut dengan kadar garam tinggi.

Menurut Sugeng, koordinator lapangan Tunas Hijau, tepi Pantai Tambak Wedi dipilih karena lokasi tersebut masih alami untuk lokasi pengembangan hutan mangrove. “Dulu wilayah ini digunakan sebagai areal pertambakan milik nelayan. Namun, karena pasang surutnya cukup besar, akhirnya tambak tersebut tidak terawat,” ujar Sugeng.
Menurut dia, perawatan lingkungan perairan dengan cara observasi penanaman mangrove harus terus diperjuangkan. Sebab, lokasi pantai sangat dekat dengan permukiman penduduk. Dikhawatirkan, jika tidak terawat dengan baik, lama-kelamaan ekosistem pantai akan rusak. (edw/c8/ari)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s